Polemik Kongres Pemilihan Ketum PSSI, Ratu Tisha Serahkan Kepada FIFA

Membahas penyelenggaraan Kongres Pemilihan Ketua Umum, akhirnya PSSI melalui Sekjen Ratu Tisha Destria yang juga ditugasi sebagai komunikator untuk federasi sepak bola dunia pun angkat bicara.

Dalam hal ini, Tisha menyebut bahwa Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang nantinya memutuskan soal penetapan tanggal kongres tersebut. Dia sekaligus menegaskan bahwa sampai hari itu datang PSSI masih terus menjalankan tugas dan fungsinya.

“Di samping itu, yang bisa kami yakinkan adalah tentang performa dari PSSI. Apa yang telah ditetapkan, kemudian seluruh program dan sebagainya itu akan terus berjalan,” ujar Ratu Tisha saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (21/08/19).

Exco PSSI sebelumnya sudah sepakat akan melaksanakan kongres pada November mendatang, namun ternyata usulan tersebut ditolak oleh FIFA melalui surat dengan pernyataan. FIFA bersikukuh Kongres Pemilihan harus digelar pada Januari 2020 sesuai jadwal awal.

“Selanjutnya, Exco PSSI akan mengadakan rapat terlebih dahulu untuk bisa menyusun yang terbaik seperti apa. Nantinya akan segera kami komunikasikan kembali kepada FIFA,” kata Tisha.

“Kami tidak ingin mengecewakan siapa pun dalam hal transisi, tapi yang pasti Exco yang akan menetapkan dan tanggalnya akan segera diumumkan,” jelas perempuan kelahiran 30 Desember 1985 tersebut.

Ratu Tisha menambahkan, PSSI bisa memastikan sekarang bahwa mereka siap menghadapi agenda-agenda besar akhir tahun ini, mulai dari Kualifikasi Piala AFC U-16 dan U-19 hingga pengajuan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

“Jadi, kami memastikan bahwa apa pun keputusan FIFA, PSSI akan tetap menjalankan roda organisasi dengan baik,” pungkas Ratu Tisha tegas.