Fakhri Husaini Tegaskan Tak Akan Istimewakan Amiruddin Bagus Kahfi

Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-19, Fakhri Husaini, mengaku bangga dengan dipanggilnya Amiruddin Bagus Kahfi ke timnas senior. Meski statusnya hanya mengikuti latihan bersama tim yang sedang dipersiapkan untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 itu.

“Meskipun itu hanya dalam konteks berlatih bersama dengan tim senior, tapi ini bentuk penghargaan tim senior khususnya Simon ke Bagus. Nah hanya saja, saya berharap Bagus tetap menjadi Bagus yang saya kenal selama ini,” ujar Fakhri, dikutip laman resmi PSSI.

Di samping itu, Fakhri menegaskan tidak akan mengistimewakan Bagus. Pemain yang kini berstatus sebagai penggawa Barito Putera tersebut tetap harus bisa menunjukkan kemampuan terbaik, saat bergabung kembali dengan timnas U-19.

Timnas U-19 sendiri akan kembali berkumpul pada 29 Agustus nanti, guna mempersiapkan diri menghadapi dua uji coba melawan Iran, September nanti.

“Bagi saya, dipanggil atau tidak seorang pemain ke tim senior, itu tidak akan ada pengaruhnya apapun ke saya. Karena bagaimanapun juga ketika dia kembali ke timnas Indonesia U-18 dia harus tetap tunjukkan kemampuan terbaik dan bisa bersaing lagi dengan teman-teman yang lain,” tegasnya.

Di samping itu, eks kapten timnas Indonesia ini juga menjelaskan program ini sudah dikoordinasikan kepada dirinya. Artinya, Bagus tetap akan bisa mengikuti agenda timnas U-19.

“Bagus hanya ikut sampai tanggal 26 (Agustus) saja bersama tim senior. Sepanjang dia tetap bisa mengikuti program kami tidak akan menganggu,” tuturnya.

“Tentu saja nanti ia akan ada recovery-recovery yang akan ia lakukan. Kalau misalnya ia sampai tanggal 26, dia ada waktu tiga hari untuk recovery untuk ikut kembali berlatih bersama saya tanggal 29 nanti,” pungkasnya.