Dipanggil Kembali ke Timnas Indonesia, Ini Janji Manahati Lestusen

Gelandang Tira-Persikabo, Manahati Lestusen mengaku senang bisa kembali berseragam Timnas Indonesia. Ia pun berucap janji atas kembalinya ke skuat Garuda.

Gelandang jangkar berusia 25 tahun itu mengaku tidak ingin lagi membuat gusar pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy.

“Pelatih Simon sempat mengatakan kepada saya, kalau mau dipanggil kembali ke timnas, saya harus menjaga sikap,” ungkap Manahati usai menjalani pemusatan latihan (TC) hari pertama Timnas Senior Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, seperti dilansir dari Suara.com, Kamis (23/8/2019) malam.

Karena bermasalah dengan sikapnya di lapangan, Manahati sempat tidak dimasukkan Simon McMenemy dalam daftar skuatnya untuk laga uji coba internasional FIFA melawan Yordania dan Vanuatu pada pertengahan Juni 2019 lalu.

McMenemy ketika itu tidak senang melihat tindakan Manahati yang menanduk pemain Persebaya, Muhammad Hidayat pada laga babak delapan besar Piala Presiden 2019, Maret lalu. Tindakan tak terpuji itu pun berbuah kartu merah.

Imbauan untuk mengendalikan diri juga datang dari pelatih Manahati di level klub, yakni Rahmad Darmawan.

“Pesan pelatih, coach RD, jaga ‘attitude’,” beber pemain asal Ambon tersebut.

Simon McMenemy memanggil 24 pemain dalam skuatnya untuk menjalani TC, sebagai persiapan jelang bertanding di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. TC dimulai pada Kamis (22/8/2019) tadi malam.

Selain para pemain senior, McMenemy juga mengundang dua pemain muda untuk berlatih dalam skuatnya, yakni bintang Timnas Indonesia U-18 Amiruddin Bagus Kahfi serta penggawa Timnas Indonesia U-23 Hanif Sjahbandi.

Dari 24 nama yang masuk daftar skuat Timnas Senior Indonesia, klub Tira-Persikabo mengirimkan tiga pemain mereka, yaitu Manahati, penyerang naturalisasi Osas Saha, serta kiper Angga Saputra.

Manahati sendiri menanggapi positif kehadiran dua rekannya yang baru menjalani debut bersama timnas senior itu. Dia mengaku senang memiliki rekan seklub level timnas.

“Saya merasa bangga juga ada yang menemani saya di sini. Apalagi keberadaan mereka juga memberikan pengaruh di skuat ini,” celoteh Manahati.

Pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Timnas Indonesia sendiri berada di Grup G bersama Malaysia, Vietnam, Thailand dan Uni Emirat Arab (UAE).

Ujian pertama Indonesia adalah menghadapi Malaysia pada 5 September 2019 mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Lima hari kemudian, di venue yang sama, Indonesia akan menjamu Thailand.