PSSI Sampaikan Progres Bidding Piala Dunia U-20 2021

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha menjelaskan progres dari bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Rencana PSSI itu banyak didukung oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Selain itu pengelola stadion yang bakal menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 juga mendukung rencana PSSI. Stadion tersebut adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Wibawa Mukti (Cikarang), Mandala Krida (Yogyakarta), Patriot (Bekasi), dan Jalak Harupat (Bandung).

“Alhamdulillah kami sudah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Terima kasih untuk Pak Sesmenpora (Gatos Dewa Broto) yang membantu administrasi,” kata Tisha di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

“Selain itu sudah juga area stadium agreement. Delapan diajukan dan semua pengelola sudah menandatangani stadion, itu sangat luar biasa,” jelasnya.

Tisha menyebut ada beberapa masalah seperti beberapa stadion yang tak memiliki lapangan latihan bertaraf internasional. Akan tetapi, hal itu tak menjadi masalah karena akan dilakukan pembangunan.

“Dari delapan itu terdapat empat sampai lima training ground yang kita ajukan. Memang ada kekurangan kita, karena tidak semua training ground sudah siap,” tambah Tisha.

“Tapi ini adalah satu investasi yang bisa dilakukan PSSI bersama dengan pemerintah setempat untuk bisa membangun satu lapangan internasional. Alhamdulillah seluruh bupati dan walikota di masing-masing daerah menyambut baik,” tandasnya.

Indonesia akan bersaing dengan beberapa negara, seperti Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, lalu Myanmar-Thailand sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Untuk maju sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 bakal bersaing dengan beberapa negara. Sejumlah negara maju bersama yakni Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) mengajukan tuan rumah bersama serta Myanmar dan Thailand.

Selain dari negara Asia, ada Brasil dan Peru juga mengajukan seperti Indonesia, yakni tuan rumah tunggal. Nantinya, keputusan tersebut diumumkan FIFA pada 23-24 Oktober 2019.