Persib Kehilangan Jenderal Lapangan Tengah saat Jumpa Badak Lampung FC

Persib Bandung harus kehilangan jenderal lapangan tengah saat menghadapi Perseru Badak Lampung FC pada pekan ke-16 Liga 1 2019.

Persib Bandung kembali dirundung masalah menjelang laga pekan ke-16 Liga 1 2019.

Persib tak bisa diperkuat oleh Hariono saat bertandang ke markas Perseru Badak Lampung FC.

Gelandang asal Sidoarjo itu mendapatkan sanksi larangan bermain sesuai dengan hasil sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI pada Selasa (20/8/2019).

Menurut surat bernomor 073/L1/SK/KD-PSSI/VIII/2019, Hariono dinyatakan telah melakukan perlakuan yang tidak sportif saat laga Persib kontra Borneo FC.

Laga ini terlaksana di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 14 Agustus 2019.

Pada pertandingan yang berakhir imbang 2-2 itu, Hariono terbukti melakukan pelanggaran keras kepada striker asing skuad Pesut Etam, Matias Conti.

Aksi Hariono ini berbuah hadiah penalti bagi Borneo FC yang sukses dieksekusi dengan baik oleh Renan Silva.

“Hariono telah terbukti melakukan tindakan tidak sportif dengan cara mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga mengenai kepala pemain Borneo FC Sdr. Matias Ruben Conti,” bunyi surat bertanda tangan ketua Komite Disiplin PSSI, Asep Edwin Firdaus.

“Hal itu diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran disiplin.”

Walhasil, Hariono pun dihukum larangan bermain pada satu pertandingan.

Komdis PSSI memperjelas bahwa pemain yang identik dengan rambut gondrong ini tak boleh bermain pada pekan ke-16 Liga 1 2019.

Laga itu saat Maung Bandung bersua Perseru Badak Lampung FC.

“Merujuk kepada pasal 49 ayat (1) b Kode Disiplin PSSI, Sdr. Hariono dihukum larangan bermain sebanyak 1 (satu) pertandingan,” tulisnya.

“Laga itu pertandingan Perseru Badak Lampung melawan Persib, 25 Agustus 2019 karena telah terjadi pelanggaran terhadap pasal 49 ayat (1) b Kode Disiplin PSSI.”

Lebih lanjut, Komdis PSSI juga menyebutkan bahwa pihak Persib tak diperbolehkan untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam pasal 119 Kode Disiplin PSSI.

Kehilangan Hariono tentu menjadi permasalahan baru bagi Persib yang tengah berupaya bangkit.

Sebagaimana diketahui, Persib belum meraih kemenangan pada enam laga terakhir.

Tim kebanggaan Kota Kembang itu harus terdampar ke peringkat ke-11 klasemen dengan koleksi 15 poin dari 15 pertandingan Liga 1 2019.