Kalau Jadi Ketum, Iwan Bule Janji Tak Tinggalkan PSSI di Tengah Jalan

Komjen Pol Mochamad Iriawan bakal maju sebagai calon Ketua Umum PSSI. Jika terpilih, dia berjanji tak berhenti di tengah jalan.

Iwan Bule sudah mendeklarasikan dirinya maju sebagai calon Ketua Umum PSSI. Dia bakal ditemani oleh calon wakilnya, Mayjen TNI Cucu Sumantri.

Iwan Bule sudah memaparkan berbagai visi dan misinya. Namun, ada kecemasan bahwa Iwan bakal memanfaatkan PSSI sebagai kendaraan untuk melangkah ke hal yang lebih tinggi.

Seperti halnya mantan Ketum PSSI Edy Rahmayadi yang terpilih pada 2016 lalu, belum setengah perjalanan memimpin PSSI, Edy malah mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatra Utara hingga akhirnya terpilih.

Situasi itu membuat Edy dikecam lantaran rangkap jabatan. Edy juga mulai jarang terlihat dalam acara-acara penting PSSI karena kesibukannya sebagai Gubernur Sumatra Utara.

Pada akhirnya Edy memilih mundur pada Januari 2019. Dia lebih memilih meninggalkan PSSI dan muncul berbagai gejolak.

Kejadian yang sama mungkin saja terulang jika Iwan Bule terpilih menjadi Ketum PSSI. Sebabnya, saat ini dia masih menjabat sebagai Sestama Lemhanas sampai April 2020.

“Rangkap jabatan? Saya pensiun pada April 2020 mendatang. Jadi hanya beberapa bulan saja. Saya berkomitmen fokus dan ingin menyelesaikan masa jabatan andai nantinya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI,” ujar Iwan.

Komitmen Iwan diperkuat oleh calon wakilnya, Mayjen TNI Cucu Somantri. Cucu menegaskan, pencalonannya dengan Iwan berlandaskan komitmen kuat memajukan sepakbola nasional.

“Kalau prinsip tentara, jangan pulang sebelum menang perang,” kata Cucu menimpali.