Diterpa Krisis Pemain, Persebaya Berharap Banyak pada Pelapis

Persebaya Surabaya akan menjamu Persija Jakarta pada pertandingan pekan ke-16 Liga 1, Sabtu (24/8/2019), tanpa diperkuat lima pemain pilarnya. Kendati begitu, pelatih interim Persebaya, Bejo Sugiantoro, tidak merasa inferior.

Hansamu Yama, Irfan Jaya, dan Otavio Dutra absen mengingat sedang menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia. Dua nama lain yang juga tak bisa tampil ialah Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay. Keduanya terkena akumulasi kartu.

Selain itu, Muhammad Alwi Slamat juga masih absen karena ada agenda sebagai TNI. Sementara dua nama asing, Amildo Balde dan Damian Lizio, belum dipastikan tampil lantaran dikabarkan masuk dalam daftar pemain yang dicoret pada putaran kedua.

“Alwi kemungkinan bisa bergabung saat melawan Bhayangkara. Lizio dan Balde kami akan lihat kondisi terakhir. Mereka profesional. Apa pun kenyataannya soal masa depannya, mereka tetap menjadi contoh buat sepak bola Indonesia. Ditampilkan atau tidak saat melawan Persija, mereka pasti lebih dewasa,” ujar Bejo.

Dengan demikian, stok pemain Persebaya pun menipis. Akan tetapi, Bejo menegaskan bahwa Persebaya dibentuk oleh 27 pemain. Jika pemain kunci berhalangan tampil, para pelapis harus siap menggantikan.

“Ini pertandingan sangat penting. Bertemu Persija sarat rivalitas. Selalu punya cerita enak dari perjumpaan itu. Kami juga tidak bisa menghindar. Pemain absen pun harus kami hadapi. Itu menjadi tantangan. Pemain yang biasanya tidak tampil bisa mengeluarkan kemampuan semaksimal mungkin,” kata Bejo.

Hal senada diungkapkan kapten Ruben Sanadi. Sang bek kiri mengedepankan saling percaya kepada rekan setim dibanding mengeluhkan pemain yang absen.

“Saya mewakili pemain sudah siap pertandingan lawan Persija. Kami fokus dengan tim saja, menjalankan instruksi pelatih. Dalam tim ini ‘kan kerja sama, jadi percaya satu sama lain,” ujar Ruben.

Bicara pemanggilan timnas, Persebaya sejatinya mendukung. Hanya, ‘Bajul Ijo’ sedikit keberatan karena menjadi klub yang paling banyak kehilangan pemain.

“Terkait pemanggilan timnas ini kami sudah bersurat ke PSSI. Awalnya kami meminta supaya empat pemain bergabung ke timnas setelah melawan Persija,” tutur Ram Surahman, Sekretaris Persebaya.

“Namun, PSSI membalas hanya diperbolehkan satu pemain saja yang bertahan. Ruben Sanadi tetap membela klub dan akan bergabung bersama timnas empat hari sebelum melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022,” tambahnya.