Nick Kuipers Akui Tolak Beberapa Klub Belanda untuk Terima Pinangan Persib Bandung

Pemain asing anyar Persib Bandung, Nick Kuipers mengaku menolak tawaran beberapa klub Belanda untuk menerima tawaran dari Persib Bandung.

Persib Bandung resmi merekrut tiga pemain asing untuk menyambut putaran kedua Liga 1 2019.

Ketiga pemain tersebut adalah Nick Kuipers, Kevin van Kippersluis, dan Omid Nazari.

Persib memutuskan mengakhiri kontrak tiga pemain asing yang membela Maung Bandung di putaran pertama Liga 1 yakni Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan.

Bek asal Belanda, Nick Kuipers menjadi pemain yang diikat oleh Maung Bandung paling lama yakni 1,5 tahun.

Pemain berpostur 192 cm ini didatangkan dari klub Eredivisie ADO Den Haag.

Nick Kuipers mengaku sebelum melanjutkan karier ke Persib, ia terlebih dulu mencari tahu kondisi sepak bola di Indonesia, khususnya calon klubnya.

Baginya, banyaknya kesamaan antara Indonesia dan Belanda jadi faktor dirinya memilih Persib jadi pelabuhan kariernya.

“Saya tahu ada cerita Indonesia dengan Belanda, ada banyak hal yang namanya bernuansa Belanda dan itu hal bagus di sini. Saya pikir orang Indonesia menyukai Belanda dan begitu pula sebaliknya jadi saya pikir itu bisa menjadi kombinasi yang bagus,” kata Nick seperti dikutip BolaSport.com dari Tribun Jabar.

Bahkan, Nick mengakui sempat menolak tawaran dari beberapa klub asal Belanda sebelum memilih Persib Bandung.

Ia merasa kariernya akan berkembang jika bermain di Indonesia.

“Ya, ada beberapa klub di Belanda tapi saya bicara dengan pelatih di sini dan bicara dengan orang-orang di klub. Sangat positif, pelatih dan petinggi klub bicara hal yang positif soal bermain di Indonesia dan itu alasan saya datang ke Indonesia ketimbang tetap di Belanda,” ucap Nick.

“Tentunya saya datang ke Indonesia untuk melanjutkan karir saya jadi saya harap semua bisa berjalan mulus,” tambahnya.

Nick juga mengungkapkan jika dirinya berbicara pada pemain asal Belanda yang telah lebih dulu bermain di Liga Indonesia seperti Marc Klok dan Melvin Platje.

“Ya, mereka (Platje dan Klok) berbicara hal bagus soal Indonesia dan semua menyenangkan baik itu orang-orangnya dan lingkungannya. Saya pikir itu bagus dan sempurna berada di Indonesia. Itu menjadi alasan kenapa saya berada di sini, mengambil kesempatan untuk bermain di Indonesia,” kata Nick.

Kemungkinan besar, Nick merupakan proyek jangka panjang Persib Bandung, mengingat usianya yang baru 26 tahun serta dikontrak 1,5 tahun.

Persib diyakini harus merogoh kocek untuk mendapatkan jasa Nick Kuipers karena menurut Transfermarkt, ia masih terikat kontrak dengan ADO Den Haag hingga 30 Juni 2021.

Hal tersebut juga diperkuat dengan pemberitaan media-media di Belanda.

Laporan dari situs VTBL.nl yang dilansir BolaSport.com mengatakan bahwa Persib Bandung harus membayar biaya transfer Kuipers dari ADO Den Haag.

Namun, pihak ADO Den Haag tak membuat membuat pernyataan soal hal ini.

ADO Den Haag hanya menyebut bahwa Kuipers telah berkomitmen untuk bergabung dengan Persib Bandung saja.

Pihak Persib pun juga tak memberi keterangan terkait biaya transfer Kuipers.