Berhasil Comeback, PSS Sleman Kalahkan PSM Makassar

PSS Sleman berhasil mengalahkan tamunya PSM Makassar dengan skor 3-2 dalam pertandingan pekan ke-16 Liga 1 Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (23/8) malam. Kedua tim bermain dengan tensi tinggi sepanjang pertandingan.

Tim Juku Eja, julukan PSM Makassar, tampil dominan di babak pertama. Serangan gencar yang dilakukan PSM membuahkan hasil pada menit ke-9. Bekerjasama dengan Willem Jan Pluim, Eero Markkanen berhasil mengetarkan gawang PSS Sleman.

Kebobolan di awal pertandingan membuat skuat Super Elang Jawa memperketat pertahanan dan meningkatkan tensi serangan. Irkham Zahrul, misalnya mencoba melakukan aksi individu menerobos pertahanan PSM, namun strategi berhasil dihalau bek PSM Abd Rahman.

Kedua pemain PSM Makasar Eero Markkanen dan Zulham Zamrun mencoba mengulang keberuntungan dengan strategi menggiring bola dan saling umpan hingga mendekati gawang PSS. Namun sebelum bola ditembakkan, kiper PSS Ega Rizky berhasil mengantisipasinya.

Menjelang akhir babak pertama, PSM Makasar kembali berhasil mencetak satu gol lewat tendangan Zulham Zamrun. Lewat umpan dari Willem Jan Pluim , Zulham berhasil mengecoh kiper dan mencetak gol kedua untuk timnya. PSM Makassar unggul 2-0 atas PSS Sleman di babak pertama.

Pada babak pertama ini, wasit menghadiahi kartu kuning untuk Zulham Zamrun (PSM), Brian Ferreira (PSS), Arfan (PSM), dan Dave Mustaine (PSS).

Memasuki babak kedua, PSS Sleman mulai bangkit dan mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-50 sang penyerang PSS Brian Ferreira berhasil mengobati dahaga timnya. Dari luar kotak penalti PSM, Brian melakukan tendangan keras tepat ke arah gawang dan gol, sehingga skor berubah 1-2.

Tak berselang lama, Brian kembali menguasai bola dan mencoba menembakkan bola jarak jauh ke gawang PSM. Namun kali ini berhasil ditangkis Rivky Mokodompit, sang penjaga gawang tim asuhan Derije Kalezic.

Pada menit ke-79, gol penalti berhasil menyelamatkan PSS Sleman dari ketertinggalan. Brian Ferreira dengan tepat mengeksekusi bola masuk ke gawang PSM sehingga skor menjadi imbang 2-2.

Kushedya Hari Yudo melakukan serangan mengejutkan pada menit ke-85. Penyerang PSS itu menggiring bola sendirian dan berhasil menembus pertahanan skuat PSM hingga berhasil mengantarkan bolanya masuk ke gawang PSM. Usaha Hari Yudo ini berhasil mengantarkan Super Elang Jawa mengungguli PSM Makasar 3-2.

Hingga babak kedua berakhir, tak ada lagi gol tercipta dari kedua klub. Dengan demikian, dalam pertandingan Liga 1 pekan ke-16 itu PSS memenangi pertandingan dengan unggul 3-2 atas tim Tim Juku Eja.

Susunan pemain:

PSS Sleman:

Ega Rizky (GK), Alfonso Calero, Jajang Sukmara, Bagus Nirwanto, Asyraq Rachmadhan, Brian Ferreira, Dave Mustaine, Haris Tuharea, Irkham Zahrul, Guilherme Castro, Yevhen Bokhashvili

Cadangan: Try Hamdani Goentara, Nerius Alom, Sidik Saimima, Wahyu Sukarta, Hari Yudo, Arsyad Yusgiantoro

PSM Makasar:

Rivky Mokodompit (GK), Abdul Rahman, Beny Wahyudi, Aaron Evans, Asnawi Mangkualam, Zulham Zamrun, Arfan, Wiljan Pluim, Marc Klok, Eero Markkanen, M. Rahmat.

Cadangan: Hery Prasetyo, Munhar, Taufik Hidayat, Rasyid Bakri, M. Rizky Pratama, Takwir.