Pengaruh Absennya Pemain Asing dalam Kekalahan PSS dari Tira Persikabo

PSS Sleman kalah 1-3 dari tuan rumah Tira Persikabo pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin (19/8/2019).

Pada laga ini, PSS Sleman tak dipekuat tiga pemain asingnya yakni Alfonso de la Cruz, Brian Ferreira, dan Guilherme Batata.

Hanya Yevhen Bokhashvili yang bisa tampil, itu pun pemain asal Ukraina tersebut juga hanya tampil pada babak kedua dari bangku cadangan.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro mengakui bahwa absennya hampir semua pemain asing mereka menjadi salah satu sumber kekalahan.

“Pengaruh ada, tapi hari ini (kemarin) pemain lokal main imresif, kaki ke kaki bagus,” kata Seto Nurdiantoro seusai laga.

Pemain dan pelatih PSS Sleman, Dave Mustaine serta Seto Nurdiantoro memberikan keterangan pers seusai laga kontra Tira Persikabo, Senin (19/8/2019).

“Tapi memang tak ada tiga pemain asing berpengaruh buat kami, apalagi di awal kami coba ubah formasi,” ujarnya menambahkan.

Dia juga menjelaskan alasannya kenapa menempatkan Yevhen Bokhashvili di bangku cadangan dan baru memainkannya pada menit ke-76.

“Sebelumnya saya sudah bilang, ini pemain PSS yang cedera Yevhen juga termasuk mengalami cedera. Jadi kami cadangkan dulu, dan saya beri kesempatan bagi para pemain lokal,” tuturnya.

“Sebenarnya karena nggak ada pilihan juga. Tapi ya, itu tadi, tetap pemain lokal juga tunjukkan kualitasnya,” ucapnya

“Setelah Yevhen masuk, saya ingin ada daya gedor lebih. Kalau dibilang strategi itu mungkin bisa dibilang kepepet,” katanya lagi.