PT LIB Tunda 3 Pertandingan Grup Timur Liga 2 2019 yang Digelar di Biak

Adanya gangguan keamanan yang terjadi Manokwari dan Jayapura berimbas ditundanya tiga pertandingan putaran kedua Grup Timur Liga 2 2019. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi secara resmi mengeluarkan surat penundaan tiga pertandingan yang rencananya digelar di Stadion Cendrawasih Biak.

Dalam surat bernomor 286/LIB/VIII/2018, PT LIB memastikan penundaan pelaksanaan tiga pertandingan Liga 2 2019 dan menimbang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di beberapa wilayah.

Dalam surat tersebut, tiga pertandingan yang ditunda adalah PSBS Biak vs Persik Kediri yang seharusnya digelar pada Jumat (23/8/2019), Persewar Waropen vs Persatu Tuban pada Sabtu (24/8/2019), dan Persewar Waropen vs Madura FC yang digelar pada Selasa (27/8/2019).

“Menimbang dan memperhatikan situasi keamanan masyarakat di beberapa wilayah terkini, PT LIB menunda tiga pertandingan yang melibatkan PSBS, Persewar, Persik, Persatu, dan Madura FC yang sedianya digelar di Stadion Cendrawasih Biak. Pertandingan akan dilaksanakan bila situasi dan kondisi telah dianggap kondusif oleh kepolisian setempat,” begitu bunyi surat PT LIB yang diteken Direktur Dirk Soplanit pada 21 Agustus 2019.

Manajer Persatu, Fahmi Fikroni, menuturkan sempat berinisiatif mengirim surat ke PT LIB menyusul adanya kerusuhan massa di Manokwari dan Jayapura.

“Sebenarnya dua hari lalu, kami (Persatu) proaktif menyurati PT LIB. Kami memohon agar PT LIB meninjau dan mempertimbangkan jadwal pertandingan kami terkait adanya kerusuhan di Jayapura dan Manokwari. Akhirnya PT LIB membalas surat tersebut yang berlaku untuk tiga partai di Biak,” ungkap Fahmi Fikroni.

Pria yang akrab dipanggil Gus Roni tersebut pun memuji kebijakan PT LIB yang cepat mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi bila pertandingan tetap digelar.

“Niat kami menyurati PT LIB berdasar fakta dan psikologis saudara-saudara di Papua. Kami berharap semua sudah berakhir dan situasi keamanan kondusif. PT LIB juga cepat merespons surat kami demi keamanan semuanya,” ujar Gus Roni.

Meskipun secara teknis Persatu merasa rugi karena Danu Rosade dkk. telah mencapai titik puncak untuk menghadapi Persewar. Namun, demi keamanan Persatu pun berinisiatif untuk meminta laga ditunda.

“Secara teknis, kami sangat siap menjalani pertandingan melawan Persewar. Tapi kami berpikir lebih jauh, yakni demi keamanan dan menjaga perasaan saudara-saudara kita di Papua,” tutur Gus Roni.

3 Pertandingan yang Ditunda di Stadion Cendrawasih Biak

Jumat 23/8/2019: PSBS vs Persik

Sabtu 24/8/2019: Persewar vs Persatu

Selasa 27/8/2019 Persewar vs Madura FC