Pavel Smolyachenko Pasti Dipinjamkan, Arema Bakal Rekrut Pemain Asia Anyar

Arema akhirnya merilis satu pemain yang akan dilepas di masa transfer window. Pemain itu adalah gelandang asal Uzbekistan, Pavel Smolyachenko.

Hal ini sudah bukan kejutan lagi karena pemain 27 tahun itu tidak mendapatkan tempat di posisi inti Arema.

Pavel kalah bersaing dengan sederet gelandang lokal, seperti Hendro Siswanto, Jayus Hariono, Hanif Sjahbandi, dan M. Rafli.

Tetapi, Pavel tidak dilepas permanen. Dia hanya dipinjamkan. Hanya, biasanya pemain asing yang dipinjamkan tidak pernah ditarik kembali, seperti yang terjadi pada Kiko Insa Bohigues dan M. Ridhuan beberapa musim silam. Apalagi kontrak Pavel selesai di pengujung tahun ini.

“Satu pemain yang kami lepas adalah Pavel dengan status pinjaman,” ujar Ruddy Widodo, GM Arema.

Di putaran pertama, Pavel hanya dapat kesempatan sekali sebagai pemain inti. Dia kehilangan posisinya sejak sakit demam berdarah jelang Piala Presiden 2019.

“Setelah Pavel sakit, ada persaingan di lini tengah. Pemain lokal sepertinya juga tidak mau kalah. Mereka sekarang bersaing secara sehat. Apalagi pemain lokal sudah lama bermain di sini. Jadi, mereka sekarang lebih matang,” sambung Ruddy.

Sebelumnya, santer beredar kabar pengganti Pavel di Arema adalah mantan pemain Perseru Serui, Ryutaro Karube. Tetapi, ternyata pemain baru nanti bukan dia.

Pelatih Arema, Milomir Seslija, memberikan sedikit bocoran, dia tidak punya rencana mendatangkan pemain yang pernah berlaga di Malaysia atau Thailand.

Ryutaro saat ini bermain di Thailand bersama Chainat Hornbill. Pemain 26 tahun itu sebelumnya memperkuat Kuala Lumpur FA.

“Sepertinya nanti akan ada nama baru (pemain asing Asia) yang akan datang karena pemain dari Thailand dan Malaysia kompetisinya masih berjalan,” kata Milo.

Sebenarnya cukup berisiko mendatangkan pemain yang belum pernah merasakan atmosfer kompetisi Indonesia. Tetapi, Arema tidak punya banyak pilihan karena pemain asing berkualitas di Indonesia pasti tidak akan dilepas klubnya.

“Sulit dapat pemain di putaran kedua seperti ini. Tapi, semoga saja nanti pemain tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan Arema,” ucap Milo.