Marko Simic Terus Cetak Gol, Bisakah Samai Rekor Comvalius?

Sungguh luar biasa Marko Simic. Dari pekan ke pekan, pertandingan ke pertandingan, dia tak henti mencetak gol. Terakhir, Selasa (20/8/2019), sebuah gol dijaringkan ke gawang Kalteng Putra saat Persija Jakarta menang 3-0.

Gol ke gawang Kalteng Putra itu adalah yang ke-11 bagi Marko Simic pada gelaran Liga 1 2019. Koleksinya kini sama dengan Ciro Alves dari PS TIRA Persikabo dan hanya terpaut satu gol dari Alex dos Santos (Persela Lamongan) yang berada di puncak daftar top skorer sementara.

Keberhasilan membobol gawang Kalteng Putra juga menjadikan striker berumur 31 tahun itu kini tak henti mencetak gol dalam tujuh pertandingan beruntun. Total, 10 gol yang dijejalkannya ke gawang lawan dalam tujuh laga tersebut.

Catatan tersebut membuat Marko Simic berpeluang menyamai rekor yang dibukukan Sylvano Comvalius dua tahun lalu. Pada Liga 1 2017, striker asal Belanda itu tak pernah absen mencetak gol dalam sebelas pertandingan beruntun. Totalnya, dia mengemas 19 gol bagi Bali United dalam 11 pertandingan tersebut.

Dua Sandungan di Depan

Lalu, akankah Marko Simic mampu menyamai atau bahkan mematahkan rekor Sylvano Comvalius tersebut? Menilik performanya saat ini, peluang tentu terbuka. Namun, ujian berat akan dihadapi pada dua pertandingan ke depan menghadapi Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

Sepanjang kiprahnya di panggung sepak bola Indonesia, eks pemain Ferencvaros itu belum pernah mencetak gol ke gawang Persebaya dan PSM. Tak terkecuali saat final Piala Indonesia 2018-19. Ini tentu jadi tantangan berat. Terutama lawan Bajul Ijo di kandang lawan.

Dua pertandingan itu akan jadi penentu bagi Marko Simic untuk menyamai catatan apik Sylvano Comvalius. Pasalnya, dua laga berikutnya, Persija hanya akan menghadapi Perseru Badak Lampung FC dan PSIS Semarang. Dua tim itu jelas tak setangguh PSM dan Persebaya. Sudah begitu, dia pun pernah mencetak gol ke gawang dua tim tersebut.

Tantangan lain akan datang pada upaya melewati rekor Sylvano Comvalius. Itu karena Macan Kemayoran harus berhadapan dengan Bali United. Saat ini, klub asuhan Stefano Cugurra “Teco” tersebut adalah pemimpin klasemen dan paling jarang kebobolan. Hingga melakoni 14 pertandingan, mereka mencatatakan tujuh clean sheet.

Itu jadi tantangan bagi Marko Simic. Apalagi, Serdadu Tridatu juga hanya dua kali kebobolan lebih dari satu gol. Untungnya, striker Macan Kemayoran punya satu modal. Pada pertemuan terakhir dengan Bali United pada musim lalu, dia mampu mencetak satu gol saat Persija menang 2-1 di kandang lawan. Patut dicatat, laga melawan Serdadu Tridatu nanti akan berlangsung di kandang sendiri.