Bejo Ungkap Kunci Kemenangan Persebaya di Lampung

Bejo Sugiantoro lega Persebaya Surabaya bisa bangkit dalam lawatannya ke kandang Perseru Badak Lampung. Bejo mengungkap kunci kemenangan tandang Bajul Ijo, apa itu?

Pada pertandingan pekan ke-15 Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Sumpah Pemuda, Selasa (20/8/2019) kemarin, Persebaya menang 3-1 atas Perseru Badak Lampung. Tiga gol Bajul Ijo masing-masing dicetal Irfan Jaya (11′ dan 17′) serta Osvaldo Haay (44′), sedangkan tuan rumah membalas lewat gol Zaenal Haq menit ke-26.

Hasil tersebut sekaligus menebus poin yang hilang di pekan sebelumnya usai menelan kekalahan telak 0-4 dari Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 15 Agustus lalu.

Bejo senang target yang diusung bisa terealisasi. Ia mengapresiasi mentalitas kuat para pemain yang dituntut bisa kembali ke jalur kemenangan usai meraih hasil buruk.

“Syukur Persebaya bisa mencuri poin di kandang Badak Lampung. Ini hasil yang diinginkan dari persiapan kami di Surabaya,” ujar Bejo yang kini menjabat pelatih sementara Persebaya.

“Apapun itu, saya respek pada pemain. Dengan situasi psikologis apapun mereka masih mengubah namanya menjadi baik. Itu menjadi salah satu kunci motivasi pemain kami,” ia menambahkan.

Pada pertandingan tersebut, Persebaya tak menurunkan komposisi skuad terbaiknya. Gelandang asal Argentina, Damian Lizio, tak dibawa dengan alasan taktikal, sementara penyerang Amido Balde yang dibawa hanya berada di bangku cadangan. Bejo hanya menurunkan dua pemain asingnya yaitu Otavio Dutra dan Manu Dzalilov.

“Intinya, semua kami maksimalkan tim ini dengan 27 pemain. Yang penting, mereka menunjukkan kontribusi maksimal dan akan saya turunkan. Saya tekankan pada pemain untuk menikmati pertandingan,” pungkasnya.

Dengan tambahan tiga poin, Persebaya kini naik ke posisi enam klasemen Liga 1 2019 dengan 21 poin, sedangkan Badak Lampung masih belum beranjak dari zona degradasi di posisi 17 dengan 12 poin dari 14 laga.