Tinggalkan Liga Belanda, Ini Alasan Nick Kuipers Mau Gabung Persib

Pemain belakang anyar Persib Bandung, Nick Kuipers membeberkan alasannya mau bergabung dengan skuat Persib di pertengahan musim Liga 1 2019. Menurut dia, Persib merupakan tim yang besar dengan jumlah suporter sangat banyak.

“Menurut saya Persib tim besar, (Indonesia) negara yang bagus juga sepakbolanya bagus. Saya suka segala sesuatu tentang sepak bola di Indonesia yang dibicarakan media. Semua orang berbicara positif tentang sepak bola disini jadi saya memutuskan untuk memperkuat Persib,” ungkap Nick di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Selasa (20/8/2019).

Pemain asal Belanda itu mengaku senang akhirnya menjadi bagian dari skuat berjulukan Maung Bandung di paruh kedua musim Liga 1 2019. Pemain berusia 26 tahun itu, akan menggantikan peran yang sebelumnya diisi oleh Bojan Malisic.

“Saya sangat senang berada disini bergabung dengan klub besar seperti Persib. Salawasna (selamanya),” jelas Nick.

“Menurut saya Persib tim besar, (Indonesia) negara yang bagus juga sepakbolanya bagus. Saya suka segala sesuatu tentang sepak bola di Indonesia yang dibicarakan media. Semua orang berbicara positif tentang sepak bola disini jadi saya memutuskan untuk memperkuat Persib,” ujarnya.

Bersama Persib, Nick akan mengenakan nomor punggung 2. Dia mengaku sangat senang bisa memperkuat Persib yang notabene memiliki suporter terbanyak di Indonesia.

“Sangat luar bisa bisa bermain untuk tim besar seperti Persib,” tukasnya.

Sebelumnya, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu sempat bermain di kompetisi Eredivisie Belanda musim 2018/2019. Dia memperkuat ADO Den Haag pada putaran pertama Liga tertinggi Belanda Eredivisie.

Pemain dengan tinggi 194 cm itu berhasil tampil sebanyak 8 pertandingan bersama ADO Den Haag. Nick berhasil mencetak satu gol dan sekali clean-sheet. Nick tercatat hanya menerima satu kartu kuning saja dalam 520 menit penampilannya bersama ADO.

Pada putaran kedua Liga Belanda, Nick memutuskan hijrah ke FC Emen. Bersama FC Emen, pemain berusia 26 tahun itu tampil sebanyak 10 kali dan mencatatkan 3 kali clean-sheet dan dua kartu kuning.

Kegigihan Nick di benteng pertahanan Emen berhasil membawa klub itu terhindar dari zona degradasi Eredivisie Belanda. Berdasarkan data dari lama Transfermarkt, untuk bisa merekrut Nick, Persib harus menyiapkan dana sekitar Rp 7,1 miliar. (Aminuddin)