Persebaya Curi Poin Maksimal di Kandang Badak Lampung FC

Persebaya Surabaya berhasil bangkit dari keterpurukan di Malang dengan meraih tiga poin penuh saat bertandang ke Bandar Lampung dalam laga pekan ke-15 Shopee Liga 1 2019, Selasa (20/8/2019). Menghadapi Badak Lampung FC, Persebaya membawa pulang tiga poin penuh lewat kemenangan 3-1.

Persebaya Surabaya membuka keunggulan pada menit ke-10 lewat gol yang dicetak Irfan Jaya. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Manu Jalilov, kiper Badak Lampung FC, Daryono, gagal mengantisipasi bola dengan baik hingga Irfan Jaya bisa memaksimalkan bola rebound menjadi gol pertama Persebaya.

Hanya dalam tujuh menit berselang, Irfan Jaya kembali mencatatkan namanya do papan skor untuk gol kedua Persebaya. Tepatnya pada menit ke-17, Irfan Jaya menerima umpan pendek Rendi Irwan dan melepaskan tembakan placing ke sudut atas tiang jauh Badak Lampung FC dan berbuah gol kedua.

Badak Lampung FC mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-27 lewat gol Zainal Haq. Berawal dari umpan silang Marquinhos, Zainal Haq masuk ke kotak penalti dan menanduk bola yang meluncur deras ke dalam gawang Persebaya.

Gol balasan yang dicetak tim tuan rumah memotivasi para pemainnya untuk menekan Persebaya. Sebuah kemelut di depan gawang Persebaya pada menit ke-29 hampir saja membawa Badak Lampung FC menyamakan kedudukan.

Dua menit sebelum babak pertama usai, Persebaya kembali menambah keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Osvaldo Haay. Pemain muda asal Papua itu menanduk bola hasil umpan silang Ruben Sanadi yang meluncur deras ke sudut kanan gawang Badak Lampung FC. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 3-1 untuk keunggulan Persebaya.

Permainan di babak kedua makin menarik. Persebaya Surabaya terus menampilkan permainan menekan meski sudah unggul dua gol dari tim tuan rumah. Namun, hingga pertandingan usai, tak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim, meski dalam beberapa menit terakhir tim tuan rumah tampak menggebu-gebu mencari peluang di area pertahanan Bajul Ijo.

Persebaya Surabaya pun sukses meraih tiga poin penuh di laga tandang kali ini, di mana ini menjadi kebangkitan bagi Bajul Ijo yang dalam laga sebelumnya kalah telak 0-4 dari Arema. Kemenangan ini membuat Persebaya kini mengoleksi 21 poin dari 15 laga yang sudah mereka mainkan.

Susunan Pemain

Badak Lampung FC (3-4-3): Daryono (kiper); Kurniawan Karman, Zainal Haq, Syahrul Mustofa (depan), Abdul Rahman Lestaluhu, Akbar Tanjung, Aulia Hidayat, Hariyanto Panto (tengah); Muhammad Fahri, Melcior, Marquinhos (depan)

Pelatih: Milan Petrovic

Persebaya (4-4-2): Miswar Saputra (kiper); Andri Muladi, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Ruben Sanadi (belakang); Abu Rizal Maulana, Fandi Eko Utomo, Osvaldo Haay, Rendi Irwan (tengah); Irfan Jaya, Manu Jalilov (depan)

Pelatih: Sugiantoro (caretaker)