Asprov Jatim Usung Iwan Bule di Bursa Pemilihan Ketua Umum PSSI

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim mengusung Komjen Pol Mochammad Iriawan alias Iwan Bule untuk menjadi Ketua Umum PSSI. Dukungan kepada Mochammad Iriawan tersebut berdasarkan rapat exco PSSI Jatim yang digelar Senin (19/8/2019).

“Hari ini kami melakukan rapat Exco PSSI Jatim dengan agenda khusus, yaitu membahas perihal ketua umum PSSI. Kami sepakat untuk mendukung Mochammad Iriawan untuk menjadi ketua umum PSSI,” jelas Ahmad Riyadh, Ketua Asprov PSSI Jatim, Senin (19/8/2019).

Ahmad Riyadh berharap Ketua Umum PSSI ke depan harus bisa sejalan dengan program pemerintah. Jangan bertentangan dengan pemerintah. Hal ini penting agar program kerja PSSI bisa berjalan dengan baik.

“Kalau organisasi sosial ini bertentangan dengan pemerintah, ya tidak jalan. Harus baik, sama menpora dan presiden, sehingga programnya didukung penuh oleh pemerintah,” tambahnya.

Mengacu pada alasan itu pula, menurut Riyadh, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu orang yang paling cocok dengan kriteria tersebut.

“Lebih penting lagi, ketua umum fokus pada organisasi sehingga tidak main-main dalam memimpin organisasi olahraga terbesar di Indonesia. Ini kalau ingin sepak bola kita go international. Selain itu, harus punya power,” tegasnya.

Saat ini ada beberapa nama yang digadang-gadang bakal bertarung menjadi ketua umum PSSI periode 2019-2024. Seperti yang santer beredar di masyarakat, ada nama CEO klub Australia Brisbane Roar, Rahim Sukasah, dan CEO Nine Sport Inc, Arif Putra Wicaksono. Keduanya dikabarkan telah memutuskan maju sebagai calon ketua umum PSSI.

Sementara itu, pada pertemuan dengan sejumlah Asprov PSSI beberapa waktu lalu, Iwan Bule menyampaikan visi misinya andai terpilih menjadi ketua PSSI nanti. Dari situ, Asprov PSSI Jatim melihat ada kesamaan visi misi dengan Iwan Bule.

Satu di antaranya terkait komitmen Iwan Bule yang sangat memperhatikan pembinaan, anggaran, digitalisasi data PSSI dan sarana prasarana.

“Insyaallah kalau saya terpilih akan saya lakukan itu semua, termasuk pembinaan usia muda,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Iwan Bule juga menyatakan bakal terus menuntaskan pemberantasan mafia bola yang menjadi sorotan publik dalam satu tahun terakhir.

“Berantas mafia sepak bola juga itu never ending, dan saya yakin kepolisian juga tidak berhenti untuk memberantas mafia, karena kalau itu masih terjadi, saya yakin sepak bola Indonesia tidak akan maju,” tambahnya.

Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Amir Burhannudin, berharap dengan keputusan PSSI Jatim mendukung Iwan Bule ini akan memberikan energi positif bagi persepakbolaan Indonesia.

“Kami harap apa yang menjadi cita-cita kita bersama, membangun sepak bola yang kuat dengan berpijak pada sepak bola bermartabat bisa terwujud bersama terpilihnya Pak Iwan Bule,” katanya.