Timnas Indonesia U-15 Hampir Permalukan Korea Selatan, Ini Kata Bima Sakti

Timnas Indonesia U-15 mengakhiri ajang Boys Elite Football Tournament 2019 yang digelar Myanmar dengan status runner up.

Skuat Garuda Asia berada di bawah Korea Selatan (Korsel) meski memiliki poin yang sama atau hanya kalah selisih gol.

Kepastian menjadi runner up terjadi setelah Timnas U-15 bermain imbang melawan Korea Selatan dengan skor 1-1 pada laga terakhir Boys Elite Football Tournament 2019, Minggu (18/08/19). 

Garuda Asia sempat unggul terlebih dahulu 1-0 lewat aksi Athallah Arraihan dan hampir meraih kemenangan,  sebelum akhirnya Korea Selatan mencetak gol pada menit ke-89 melalui sundulan Jang Seok-Hwan memanfaatkan sepak pojok. 

Usai laga, pelatih Timnas U-15, Bima Sakti memberikan apresiasi tinggi atas perjuangan anak asuhnya. Pertandingan kontra Korea Selatan, disebutnya sebagai proses belajar yang sangat berharga sebelum turun di kualifikasi Piala Asia September nanti.

“Mereka telah memberikan kemampuan terbaiknya. Bermain tanpa kenal lelah dan telah menunjukkan diri bahwa siap melawan tim mana pun,” kata Bima.

“Setiap pertandingan harus kita lihat sebagai sebuah proses pembelajaran. Tadi kita menghadapi lawan kuat dari Asia Timur.

“Ini pelajaran baru bagi kami dan karakter mereka (Korsel) ini kurang lebih sama dengan calon lawan kita, China, di kualifikasi Piala Asia U-16. Selanjutnya akan kita analisis dan pelajari lagi,” imbuhnya.

Sebelum bermain imbang kontra Korsel, Timnas U-15 melewati dua laga tanpa kekalahan dan juga kebobolan. Skuat Garuda Asia menang 2-0 atas tuan rumah, Myanmar dan mempermalukan wakil Eropa yakni Montenegro dengan skor tipis 1-0.