Prediksi Tira Persikabo Vs PSS: Misi Merebut Kembali Puncak Klasemen

Singgasana Tira Persikabo terenggut oleh Bali United pada pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019. Demi mengambil alih kembali puncak klasemen, tim berjulukan Laskar Pajajaran tersebut bertekad mengalahkan PSS Sleman.

Tira Persikabo akan menjamu PSS pada pekan ke-15 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin (19/8/2019). Kemenangan akan membuat jalan Laskar Pajajaran ke peringkat satu akan lebih mudah mengingat tim posisi pertama, Bali United, akan bertandang ke kandang Madura United.

Rahmad Darmawan dan Seto Nurdiyantoro Saling Berbalas Pujian
Saat ini, Tira Persikabo hanya berselisih satu poin dari Bali United. Namun, Laskar Pajajaran punya jumlah pertandingan lebih banyak.

Demi mempermudah ambisi itu, Rahmad Darmawan selaku pelatih Tira Persikabo menginginkan Manahati Lestusen dan kawan-kawan fokus untuk menghadapi PSS. Apalagi, tim berjulukan Elang Jawa itu bukan lawan sembarangan. PSS kini menempati peringkat kelima dengan 21 poin dari 14 laga.

“Pertemuan ini akan berjalan menarik sebab PSS punya rekor baik di tandang. Mereka menang dua kali dan sekali seri pada tiga tandang terakhir,” ujar Rahmad pada konferensi pers sebelum pertandingan.

“Kami juga akan menyusun skema yang baik dan ideal karena kami kawan melawan tim yang kuat seperti PSS,” tutur Rahmad.

Rahmad mengatakan kondisi pemainnya tetap stabil sesuai dipermalukan 1-2 oleh Bali United di markas sendiri. Manahati Lestusen dan kawan-kawan juga dalam motivasi tinggi untuk kembali ke jalur kemenangan.

“Kondisi pemain setelah kalah kemarin, dari sisi mental sudah mulai pulih. Tidak ada kendala dan beberapa pemain yang cedera sudah sangat jauh membaik dari kondisi sebelumnya,” imbuh Rahmad.

———————-

PSS Compang-Camping

PSS datang ke Bogor dengan compang-camping. Empat pemain utama yang menghuni starting eleven dipastikan absen akibat akumulasi kartu kuning. Yakni bek tengah Asyraq Gufron, dan trio pemain asing. Mereka adalah bek Alfonso De La Cruz, gelandang bertahan Guilherme Felipe de Castro atau Batata, dan playmaker Brian Ferreira.

Lini belakang PSS sangat keropos mengingat kapten tim Bagus Nirwanto dan bek senior Purwaka Yudi masih dibekap cedera. Kondisi ini akan lebih menguntungkan tim tuan rumah Tira Persikabo. Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro mengaku timnya dalam masalah yang cukup serius dalam persiapannya menantang Tira Persikabo.

Tim Super Elang Jawa memiliki beberapa pemain alternatif sebagai penggantinya. Bek muda Junius Bate berpeluang diduetkan dengan Ikhwan Ciptady. Sementara Nerius Alom atau Wahyu Sukarta bisa menjadi alternatif bagi Batata.

Problem serius lainnya dihadapi PSS adalah absennya Brian Ferreira yang merupakan nyawa permainan. Sidik Saimima menjadi pemain yang memiliki kemampuan hampir seperti Brian. Sedikit beruntung topscorer sementara PSS, Yevhen Bokhasvili masih dapat dimainkan.

“Hanya 18 pemain yang tersisa, empat pemain akumulasi dan beberapa cedera. Ini masalah bagi kami. Termasuk pemain yang kurang bugar tetap kami bawa,” jelas Seto.

Seto kembali memuji kualitas Tira Persikabo yang diibaratkannya seperti buldoser tanpa rem. Hal tersebut menurutnya bukan tanpa alasan, karena Tira Persikabo tak terkalahkan selama 13 pertandingan beruntun, sebelum dikalahkan Bali United 1-2 pada pekan ke-14.

“Tira Persikabo tim kandidat juara, sepeti yang saya sampaikan kemarin mereka seperti Buldozer tanpa rem, apa saja yang di depannya dilindas. Sementara kami hanya seperti butiran debunya saja,” beber Seto merendah.

“Tapi kami mencoba akan memberikan perlawanan maksimal. Kami juga mewaspadai kebangkitan Tira Persikabo yang habis kalah,” imbuhnya.

Gelandang Dave Mustaine akan kembali dapat ditampilkan sejak menit pertama setelah absen pada laga sebelumnya, melawan Persela Lamongan, 15 Agustus lalu. Dave memiliki peran sebagai penyeimbang di lini tengah. Ia juga menyebut Tira Persikabo sebagai tim kuat.

“Semua lini Tira Persikabo punya kualitas yang lebih mumpuni ketimbang kami. Apapun kondisi di PSS, harus kami hadapi,” ujar Dave Mustaine.

Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputro (k); Rifad Marasabessy, Khurshed Beknazarov, Andy Setyo, Abduh Lestaluhu (b); Manahati Lestusen, Louise Parfait, Wawan Febriyanto (t); Ciro Alves, Loris Arnaud, Osas Saha (d)

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (k); Jajang Sukmara, Ikhwan Ciptady, Junius Bate, Derry Rachman (b); Dave Mustaine, Nerius Alom, Sidik Saimima (t); Irkham Zahrul Mila, Yevhen Bokhasvili, Ricky Kambuaya (d)

Pelatih: Seto Nurdiantoro