Persewar Pindah ke Biak demi Mengejar Tiket Babak 8 Besar Liga 2 2019

Kontestan Grup Timur Liga 2 2019 harus merogoh kocek dalam saat melakoni laga tandang melawan Persewar Waropen. Pasalnya, tim asuhan pelatih Ellie Aiboy-Carolino Ivakdalam ini bakal balik ke Papua dan menjamu tim tamu di Stadion Cenderawasih, Biak.

Pada putaran pertama lalu, Persewar Waropen jadi musafir dengan menggunakan Stadion Untung Suropati, Kota Pasuruan, untuk menggelar laga kandang. Meski sebagai musafir, Persewar berhasil menempati peringkat keempat di klasemen sementara paruh musim.

Otomatis tim-tim seperti Persatu Tuban, Madura FC, Persik Kediri, PSIM Yogyakarta, dan Persis Solo harus menyiapkan dana besar untuk terbang ke Biak. Apalagi Persis, PSIM, dan Persik adalah pesaing utama Persewar di papan atas grup ini.

Kepulangan Persewar ke Tanah Papua ini bermakna ganda. Tujuan utama memang untuk mengobati kerinduan warga Waropen karena setengah musim mereka tak bisa melihat kiprah tim kesayangan.

“Manajemen memutuskan putaran kedua kami homebase di Stadion Cenderawasih Biak. Keputusan ini juga karena desakan warga Waropen yang sangat ingin mendukung tim ini di Liga 2 2019,” kata Carolino Ivakdalam, pelatih Persewar Waropen.

Di balik rencana itu, kepulangan Persewar ini ternyata kecerdikan strategi untuk meraih hasil maksimal pada putaran kedua. Dengan dukungan suporter, mereka berambisi bisa menembus babak delapan besar musim ini.

“Itu (pindah homebase di Biak) juga salah satu strategi kami. Dengan posisi saat ini di urutan keempat klasemen, kami optimis bisa masuk babak delapan besar. Apalagi kami akan dapat dukungan langsung dari warga Waropen,” tutur Carolino, yang juga kandung legenda Persipura Eduard Ivakdalam ini.