Fakhri Husaini Berharap Timnas U-18 Bisa Nikmati Laga Lawan Malaysia

Pelatih Timnas U-18 Fakhri Husaini (kiri) memberikan arahan kepada pemainnya saat latihan di Lapangan Becamex Binh Duong, Vietnam, Selasa (13/8/2019). Indonesia akan menghadapi Myanmar pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Vietnam. ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz

Pelatih timnas Indonesia U-18 Fakhri Husaini berharap para pemainnya bisa tenang dan menjaga emosi pada babak semifinal Piala AFF U-18 2019. Indonesia ditantang Malaysia pada laga semifinal AFF U-18 di Stadion Binh Duong, Vietnam, Sabtu (17/8).

“Ini yang harus saya cegah, karena semangat terlalu berlebihan itu tidak baik. Mereka harus bisa mengendalikan. Saya akan ingatkan mereka harus bisa jaga emosi dan semangat,” kata Fakhri saat ditemui usai latihan di Lapangan Becamex, Jumat (16/8).

Hal itu disampaikan Fakhri mengingat tingginya tingkat persaingan dan sentimen nasionalisme dalam kedua negara pada setiap kompetisi cabang olahraga apa pun. Untuk itu ia berharap skuad Garuda Nusantara bisa bermain sportif dan tetap berusaha semaksimal mungkin agar bisa lolos ke babak final sekaligus meraih gelar juara seperti di Piala AFF U-16 tahun lalu.

“Kalau tidak terkontrol malah bisa merugikan diri sendiri.Tapi saya yakin mereka sudah paham dengan lawannya, kan sudah pernah bertemu di Piala AFF U-16,” kata Fakhri menambahkan.

Sebagian besar anggota timnas U-18 yang sekarang bertanding sudah pernah bertemu dengan timnas Malaysia saat berlaga di Piala AFF U-16 tahun 2018. Pada saat itu, timnas Indonesia berhasil menundukkan Malaysia 1-0 dan mengantarkan skuat Merah Putih bertemu Thailand di babak final. Indonesia akhirnya menjuarai Piala AFF U-16 2018 setelah menang lewat adu penalti.

Fakhri mengatakan, HUT ke-74 Kemerdekaan RI bisa menjadi motivasi bagi para pemain asuhannya untuk tampil maksimal menghadapi Malaysia. Kebetulan laga semifinal tepat pada hari perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Skuat Garuda Nusantara ingin memberikan kado terbaik bagi Tanah Air dengan berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan pertandingan tersebut. “Di tanggal itu jadi hari besar buat kita. Tentunya ini akan menjadi motivasi lebih bagi kami semua keluarga besar timnas U-18 yang kini sedang berjuang di Vietnam,” kata Fakhri

Ia menuturkan, semangat dari pemain timnas U-18 seketika muncul saat mereka mengetahui hasil pertandingan antara Malaysia dan Thailand pada Kamis (15/8) sore. Meski Malaysia kalah 0-1 atas Thailand, namun timnas negeri jiran sudah mengantongi sembilan poin dari tiga kemenangan sebelumnya. Adapun Thailand hanya bermodal lima poin dari kemenangan ini ditambah dua laga imbang sebelumnya.

Indonesia yang menjadi juara dari Grup A akan berhadapan dengan Malaysia sebagai runner-up Grup B pukul 15.30. Sedangkan juara dari Grup B yaitu Australia akan menghadapi Myanmar selaku runner-up Grup A pada malam hari.