Ditinggal Tiga Pemainnya ke Timnas, Tak Masalah Bagi Skuat Tira Persikabo

Umumnya klub akan merasa rugi jika pemainnya dipanggil masuk ke tim nasional di tengah kompetisi masih berjalan, karena mengurangi kekuatan. Namun, bagi Tira Persikabo hal itu tak masalah.

Rahmad Darmawan (RD) sebagai mantan pelatih tim nasional, mengerti benar soal kebutuhan pemain bagi timnas maupun klub. Namun, di mana-mana termasuk di Eropa, umumnya timnas harus menjadi nomor satu.

“Nggak masalah pemain kami dipanggil ke timnas, kami harus cari strategi lain untuk menutupi supaya tidak mengganggu stabilitas tim,” ungkap RD, Jumat (16/8).

Tiga pemain Tira Persikabo terpilih diundang memperkuat timnas untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia. Mereka itu, Angga Saputra, Manahati Lestusen, dan pemain naturasisasi Osas Saha.

Mereka akan mulai latihan bersama timnas mulai 21 Agustus 2019 sampai 10 September 2019. Artinya sekitar 10 hari skuat Tira Persikabo tanpa diperkuat kiper utamanya (Angga) dan dua pemain inti (Manahati, Osas Saha).

“Kami akan kehilangan tiga pemain yang dipanggil Timnas Indonesia dan beberapa pemain untuk Timnas Indonesia U-23. Ini risiko yang harus kami hadapi,” kata RD.

“Saya harus menyiapkan beberapa pemain yang kami miliki untuk bermain. Contohnya Roni Sugeng yang bermain hari ini dan semoga dia dan pemain lainnya bisa berkembang,” terang RD.

Selama ditinggal tiga pemain inti, Tira Persikabo akan menghadapi pertandingan melawan Persela Lamongan (25/8/2019) dan Borneo FC (1/9/2019).

Pada pertandingan terakhir, Tira Persikabo gagal mempertahankan diri sebagai tim yang tak terkalahkan di ajang Liga 1 2019, karena kalah atas Bali United 0-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (15/8). Kekalahan itu membuat posisinya mesorot ke urutan kedua dalam klasemen sementara di bawah Bali United.