Diimbangi Madura United, Pelatih Persija Anggap Timnya Pantas Menang

Persija Jakarta sukses mencuri poin saat melawat ke markas Madura United dalam pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019. Macan Kemayoran bermain imbang 2-2 di Stadion Gelora Madura, Pamekasan, Jumat malam (16/8/2019).

Persija Jakarta dua kali unggul berkat striker asal Kroasia, Marko Simic, pada menit ke-19 (penalti) dan ke-50. Madura United kemudian selalu berhasil menyamakannya lewat David Laly (58′) dan Alfath Faathier (78′).

Menariknya, dua gol Persija lahir dari bola mati. Gol pertama merupakan kreasi striker asal Kroasia, Marko Simic, setelah menjadi eksekutor tendangan penalti. Gol kedua juga dicetak oleh Simic.

Bedanya dia melakukan sundulan setelah menerima umpan tendangan bebas dari Sandi Sute. Pelatih Persija, Julio Banuelos menyebut timnya sudah mengasah kemampuan mengeksekusi bola mati selama latihan.

“Kami punya tim pelatih yang menyiapkan strategi bola mati di latihan. Persija punya Eduardo Perez yang bisa menganalisis kekuatan lawan. Kami sudah melatih bola mati, dan kini terjadi di pertandingan,” kata pelatih asal Spanyol itu.

Akan tetapi, Banuelos, merasa timnya lebih pantas menang di pertandingan ini. Sebab, Andritany Ardhiyasa dkk. bermain lebih agresif, mendominasi permainan, dan menciptakan banyak peluang penting.

“Kami mampu mengambil alih permainan. Tapi, sangat disayangkan, semestinya hasil ini bisa menang. Kami seharusnya mencetak gol ketiga. Kalau ada tim yang pantas menang di laga ini, itulah Persija Jakarta,” ucap Banuelos setelah laga.

Stoper Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, punya pendapat yang berbeda terkait dengan hasil ini. Dia menanggap hasil imbang sudah layak dan adil didapat oleh kedua tim.

“Ini hasil yang adil karena Persija dan Madura United sama-sama menciptakan peluang dan bermain menyerang. Sayang, kami tidak bisa mencetak gol ketiga,” ujar pemain berusia 36 tahun itu.

Hasil ini tak mengubah posisi Persija yang masih terjebak di zona degradasi klasemen sementara. Mereka masih menghuni peringkat ke-17 dengan mengoleksi sembilan poin dari 10 pertandingan.