Ada Peluang Kuota Klub Indonesia di Liga Champions Asia

PSSI tengah mengupayakan bahwa wakil Indonesia bisa tampil di Liga Champions Asia pada musim depan. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal, Ratu Tisha.

Sebelumnya sudah bisa dipastikan bahwa juara Piala Indonesia, yakni PSM Makassar akan bermain di Piala AFC musim depan. Satu tiket lainnya ke kompetisi Asia akan diberikan kepada juara Liga 1. Ratu Tisha berharap juara dan ruuner-up grup Liga 1 akan tampil di babak kualfikasi LCA.

“Piala Indonesia akan menjadi agenda rutin PSSI karena kami sudah mendaftarkan sang juara Piala Indonesia kepada AFC,” kata Ratu Tisha.

“Di mana nantinya wakil Indonesia yang dari Piala Indonesia akan berlaga di Piala AFC. Lalu yang datang dari Liga 1 nantinya akan bermain di Liga Champions Asia,” kata Ratu Tisha menambahkan.

Indonesia sendiri memiliki dua slot untuk kompetisi di Asia. Yaitu satu di Liga Champions Asia dan satu di Piala AFC.

Dalam dua musim terakhir, slot untuk klub Indonesia adalah di preliminary round 1 Liga Champions Asia. Klub Indonesia harus memenangi tiga laga beruntun dari wakil negara Asia lainnya untuk tampil di fase grup LCA.

Rencananya Piala Indonesia 2019-2020 akan digelar pada Desember mendatang dan selesai sebelum Piala AFF 2020 digelar.

“Maka dari itu kami sedang melihat apakah sistem ataupun formatnya ada yang sedikit kami ubah atau tidak agar bisa menyesuaikan juga dengan jadwal di liga,” kata Ratu Tisha.

“Tapi kami pastikan di akhir tahun ini kami akan kick off Piala Indonesia 2019-2020,” tutup Ratu Tisha.