Stefano Lilipaly Bawa Bali United Hentikan Langkah Tak Terkalahkan Tira Persikabo

Bali United sukses menjadi tim pertama yang mengalahkan Tira Persikabo di Shopee Liga 1 2019. Bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, Kamis (15/8/2019), Bali United meraih kemenangan 2-1 atas Tira Persikabo yang menghentikan langkah tak terkalahkan tim tuan rumah sekaligus mengudeta puncak klasemen Liga 1 2019.

Bali United memang bermain lebih agresif di awal pertandingan. Paulo Sergio dkk. tampak berusaha tampil menekan dan berusaha untuk bisa merangsek masuk ke pertahanan Tira Persikabo.

Akhirnya Bali United berhasil membuka keunggulan saat laga baru berjalan 10 menit lewat Stefano Lilipaly. Peluang pertama Bali United langsung berbuah gol setelah umpan silang Melvin Platje mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Fano untuk membawa tim tamu unggul.

Pertandingan semakin menarik, di mana Tira Persikabo mencoba terus menekan pertahanan Bali United. Namun, soliditas pertahanan Serdadu Tridatu yang dikawal Willian Pacheco dan Leonard Tupamahu, serta bantuan para penyerang yang turun ke belakang membuat tim tuan rumah kesulitan untuk menyamakan kedudukan.

Setelah babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk keunggulan Bali United, intensitas permainan di babak kedua sedikit menurun. Namun, kondisi ini justru dimanfaatkan oleh Stefano Lilipaly dkk. untuk bisa menekan tim tuan rumah dan mencari gol kedua.

Tira Persikabo berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Abduh Lestaluhu pada menit ke-74. Berawal dari umpan terobosan Roni Sugeng, Abduh Lestaluhu masuk ke dalam kotak penalti dan tampak berniat memberikan umpan silang kepada Loris Arnaud.

Namun, Abduh melepas umpan sembari terpeleset sehingga bola yang dilepaskannya justru melambung menuju tiang jauh gawang Bali United dan masuk dengan indah. Kiper Bali United, Wawan Hendrawan, tidak menyangka bola tersebut meluncur masuk ke dalam gawangnya.

Bali United kembali unggul 2-1 pada menit ke-81 lewat gol berkelas Stefano Lilipaly. Mendapatkan umpan menyilang dari belakang yang dilepaskan Michael Orah, Stefano Lilipaly mendapatkan bola setelah bek Tira Persikabo, Andy Setyo, gagal menjangkau bola. Lilipaly melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau oleh Angga Saputro.

Tira Persikabo mencoba terus menekan hingga detik-detik akhir pertandingan, tapi sejumlah peluang tak berhasil mereka maksimalkan hingga wasit meniupkan peluit panjang. Bali United pun sukses memberikan kekalahan pertama bagi Tira Persikabo sepanjang 14 laga di Liga 1 2019 sekaligus menggeser tim tuan rumah dari puncak klasemen.

Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputro (kiper); Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu, Rifad Marasabessy (belakang); Manahati Lestusen, Louis Parfait, Ciro Alves (tengah); Roni Sugeng, Wawan Febriyanto, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); Dias Angga, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin, Willian Pacheco (belakang); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (tengah); Melvin Platje, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco