PSSI Coba Godok Format Baru Piala Indonesia

PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia memastikan bahwa Piala Indonesia akan selalu menjadi agenda rutin kompetisi Indonesia.
Kejuaraan antarkasta itu sempat vakum, dan kembali digulirkan pada 2018 lalu, dengan PSM Makassar sukses menjadi kampiun usai menumpas Persija Jakarta.

Rumitnya menggelar kompetisi di Indonesia, apalagi harus melibatkan ratusan tim dari berbagai kasta, PSSI berupaya memperbaiki format dari Piala Indonesia.

Menurut Ratu Tisha Destria selaku sekretaris jenderal PSSI, Piala Indonesia berikutnya diupayakan sudah rampung sebelum Piala AFF 2020 diselenggarakan.

“Kami sedang melihat apakah sistem atau pun formatnya ada yang sedikit kami ubah atau tidak, agar bisa menyesuaikan juga dengan jadwal di liga,” tutur Tisha.

Sementara untuk jatah wakil Indonesia di kompetisi Asia, yakni Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC, PSSI sedang berusaha supaya juara Liga 1 tampil di LCA.

“Piala Indonesia akan menjadi agenda rutin PSSI karena kami sudah mendaftarkan sang juara Piala Indonesia kepada AFC,” ungkap Tisha.

“Nantinya wakil Indonesia yang dari Piala Indonesia akan berlaga di Piala AFC. Lalu yang datang dari Liga 1 nantinya akan bermain di Liga Champions Asia,” tutup dia.