PSS Kantongi Cara Menghentikan Alex Goncalves

PSS Sleman tak hanya akan meladeni permainan kolektif Persela Lamongan dalam pertandingan pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/8/2018).

PSS Sleman juga wajib mewaspadai pergerakan striker andalan Persela, Alex dos Santos Goncalves. Pemain asal Brasil tersebut merupakan mesin gol Persela, yang saat ini berpredikat pencetak gol top scorer sementara Liga 1 2019 dengan 12 gol.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, menginstruksikan kepada anak buahnya untuk membatasi ruang gerak Alex Goncalves. Pasalnya, Alex tidak hanya berperan sebagai ujung tombak saja, namun ikut rajin menjemput bola dan membuka peluang.

Duet stoper PSS, Ikhwan Ciptady dan Alfonso De La Cruz, paling berpeluang mendapat tugas mengawal Alex dengan ketat.

“Kami antisipasi semuanya, tidak hanya penyerang Persela. Namun, kami akan mencoba bagaimana mencegahnya karena kami tahu dia sangat berbahaya di area pertahanan,” ujar Seto Nurdiyantoro, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya, sekecil apa pun ruang kosong bagi Alex, bakal menjadi malapetaka untuk gawang PSS Sleman.

“Meminimalisasi agar jangan sampai pegang bola. Intinya, pemain itu tidak bisa mencetak gol jika tidak membawa bola,” imbuh Seto.

Sementara bek muda PSS, Ikhwan Ciptady, mengaku siap menjalankan instruksi dari sang pelatih. Ia bertekad dapat mengimbangi kualitas yang dimiliki Alex sebagai pencetak gol ulung.

“Terus terang saya belum pernah berduel atau mempelajari cara bermainnya. Intinya, dibutuhkan konsentrasi tinggi di setiap pertandingan karena tugas seorang bek adalah menghentikan siapapun pemain depan lawan yang tidak hanya Alex,” tegas Ikhwan.