Pernah Seleksi Timnas Indonesia U-19, Eks Real Valladolid Pensiun karena Penyakit Misterius

Nama Adam Putra Firdaus sempat tenar di tahun 2017 lantaran pernah mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Indra Sjafri. Lama tak ada kabar, Adam yang pernah berlatih di klub Spanyol Real Valladolid ternyata sudah pensiun dari sepak bola.

Dua tahun silam, Adam begitu senang kala mendapat panggilan dari PSSI untuk mengikuti seleksi Timnas U-19. Meski saat itu masih menimba ilmu di Spanyol, Adam pun mengucapkan syukur ketika tahu namanya dipanggil untuk mengikuti seleksi.

“Tentu saya senang banget bisa ikut seleksi. Pas tahu saya langsung ucap Alhamdulilah, ngebayangin nanti bagaimana dan langsung telepon orangtua saya mas,” ucap Adam kepada INDOSPORT.com pada 2017 silam.

“Ini karena cita-cita saya dari kecil untuk dapat membela Timnas Indonesia. Jadi benar-benar senang banget,” tambah Adam.

Namun, keinginan Adam menjadi pesepakbola harus pupus. Anak bungsu dari penulis novel dan cerpen terkenal Asma Nadia ini harus berhenti bermain sepak bola lantaran menderita sakit mata misterius pada 2018 lalu, di usianya yang masih 18 tahun.

“Sekitar awal tahun 2018 lalu mata kiri saya gak bisa melihat sama sekali, selama 1-2 menit. Kejadiannya mulai rutin dua minggu sekali, satu bulan sekali, bahkan pernah sehari dua kali kehilangan penglihatan,” ujar Adam.

Tak ingin ambil risiko, Adam pun mencoba berobat ke dokter ahli saraf di Spanyol dan sempat didiagnosa memiliki penyakit Amaurosis Fugax ( sebuah kondisi kehilangan penglihatan dalam periode waktu yang singkat). 

“Dokter bilang saya menderita Amaurosis Fugax. Dia bilang butuh peneltian lebih lanjut. Akhirnya saya di CT scan, alhamdulillah hasilnya bagus semuanya bagus,” sambungnya.

Adam pun memilih pulang ke Indonesia usai mendapatkan saran dari sang dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

“Pulang ke Indonesia, bokap dan nyokap seriusin banget masalah ini dan saya harus pulih agar bisa bermain bola lagi,”

“Saat saya kembali berobat ke dokter (di Indonesia), dia mendiagnosis saya mata kanannya silindernya 3, mata kirinya 0,25 jadi mendekati normal. Jadi kalau main bola tanpa kacamata jomplang,” lanjutnya.

Adam pun mencoba beraktivitas kembali dengan memakai kacamata, akan tetapi penyakit mata Adam kembali kambuh. Hal ini yang membuat sosok yang telah menimba ilmu sepak bola di Spanyol selama 3 tahun ini memutuskan gantung sepatu.

“Kalo boleh jujur kemungkinan besar saya berhenti dari sepak bola. Sedih sih, tapi saya yakin Allah masih punya rencana. Dan rencana itu Insha Allah yang terbaik buat kita,” tambah Adam.

Usai memutuskan pensiun, Adam Putra Firdaus memiliki kesibukan yakni membantu ibunya mengedit video konten Youtube. Selain membantu ibunya, Adam juga melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah di Universitas Indonesia jurusan Hukum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*