Tinggalkan Madura FC, Eduard Tjong Pelatih ke-9 di Liga 2 2019 yang Lengser di Tengah Jalan

Tanpa memberikan sinyal apa pun, tiba-tiba Eduard Tjong memutuskan mundur dari kursi pelatih Madura FC. Terhitung sejak Minggu (11/8/2019), mantan arsitek Persis Soli ini tidak lagi menjadi bagian Laskar Jokotole.

Dengan keputusan ini, Eduard Tjong menjadi pelatih kesembilan di pentas Liga 2 2019 yang lengeser di tengah jalan.

Meski sebagai kompetisi kasta kedua di Tanah Air, persaingan keras antartim membuat pelatih seakan duduk di atas kursi yang penuh bara api.

Sebelum musim ini diputar, bahkan dua juru taktik, yakni Nazal Mustofa dan Ibnu Grahan, harus menepi dari Persik Kediri dan PSCS Cilacap ketika tim asuhan mereka jeblok di laga pramusim.

Mundurnya Eduard Tjong disinyalir karena hasil buruk yang diraih Madura FC pada babak penyisihan Grup Timur Liga 2 2019. Hingga menjelang partai terakhir putaran pertama, Joko Prayitno dkk. menempati urutan kedelapan dengan mengemas poin 11. Mereka meraih tiga kali kemenangan, dua seri, dan tiga kekalahan.

Sebenarnya posisi itu masih lebih baik dibanding Martapura FC, Persiba Balikpapan, dan Persatu Tuban. Madura FC apalagi masih menyisakan dua pertandingan, sebelum memasuki masa jeda kompetisi.

Hal itu berarti, klub yang musim lalu sebagai kontestan babak delapan besar Liga 2 2018 ini masih berpeluang memperbaiki posisinya. Tetapi, Madura FC harus melakoni laga tandang ke markas Persatu (14/8/2019) dan Mitra Kukar (19/8/2019).

Coach Edu, sapaan akrab Eduard Tjong, terhitung lima bulan bersama Madura FC yang bertarung di Liga 2 2019. Eduard Tjong melatih Madura FC pada pengujung April 2019.

“Malam ini kami harus kehilangan Eduard Tjong. Coach Edu mundur malam ini demi kemajuan Madura FC. Malam yang berat bagi kami,” tulis akun Instagram resmi Madura FC, @madura.fc_official.

Bagi skuat dan manajemen Madura FC, banyak pelajaran selama lima bulan bersama Coach Edu. “Kami tak akan melupakannya,” lanjut Instagram Madura FC, disertai unggahan foto diri Eduard Tjong.

Tidak dijelaskan detail alasan Eduard Tjong memilih mundur sebagai pelatih Madura FC. Namun, jejak Eduard Tjong di Madura FC disebut tak akan terlupakan.

“Sekali lagi, terima kasih Coach Edu atas kebersamaannya. Mohon maaf juga atas salah dan khilaf selama masa kebersamaan yang relatif singkat ini,””tulis di Instagram resmi klub.

Daftar Pelatih Liga 2 2019 yang Mundur di Tengah Jalan

Persik: Nazal Mustofa, pengganti Budihardjo Thalib

PSCS: Ibnu Grahan (Djoko Susilo)

Persis: Agus Yuwono (Choirul Huda)

PSIM: Vladimir Vujovic (Aji Santoso)

Persibat: Freddy Muli (Bona Simanjuntak)

PSPS: Bona Simanjuntak (Raja Faisal)

Persatu: Purwanto Suwondo (Bambang Sumantri)

Persiba: Salahudin (Satya Bagja)

Madura FC: Eduard Tjong