Tim Pelajar U-16 Berambisi Mempertahankan Gelar Juara Gothia Cup di China

Tim Pelajar Indonesia U-16 bakal tampil di ajang di Gothia Cup 2019 yang digelar di Qingdao, China. Mereka akan terjun di kategori Boys 16 dalam kejuaraan internasional tahunan itu.

Ada enam tim yang jadi peserta di kategori Boys 16. Selain Tim Pelajar Indonesia U-16, kategori ini diikuti tiga tim tuan rumah, yakni PTelite (China), ZGZX FC (China), Chengyang District High School FC (China), serta Easterns High School dari Afrika Selatan, dan Power Soccer FA (Myanmar).

Tim Pelajar U-16 merupakan juara bertahan Gothia Cup China Boys 16. Tim Pelajar sukses meraih gelar juara dengan mengalahkan SKO Qingdao 5-0 pada tahun lalu.

Persaingan di Boys 16 pada tahun ini diprediksi lebih ketat. Pasalnya, dengan hanya ada satu grup, tiap tim saling bertemu.

Partai final bakal mempertemukan peringkat pertama melawan peringkat kedua. Untuk peringkat ketiga bakal diperebutkan tim yang finis sebagai peringkat ketiga dan keempat di fase grup.

“Dari lawan-lawan yang akan kami hadapi, saya memprediksi paling ketat saat melawan tim dari Afrika Selatan. Tapi, kami mewaspadai semua tim peserta di Boys 16,” kata Maman Suryaman, pelatih Tim Pelajar U-16.

Sebagai catatan, Tim Pelajar Indonesia U-16 ini merupakan hasil pantauan pemandu bakat dalam liga berjenjang U-16 Piala Menpora 2018. Kompetisi usia muda itu milik Kemenpora.

Sebelum berangkat ke Qingdao, Tim Pelajar U-16 menggelar pemusatan latihan di Stadion Cenderawasih, Jakarta, sejak Minggu (4/8/2019). Mereka sudah melakoni dua uji coba juga sebagai bagian persiapan, melawan Mutiara FC dan Persija U-16.

Dua uji coba itu berujung kemenangan, masing-masing 4-0 saat menghadapi Mutiara FC dan 3-1 saat bersua Persija U-16.

Daftar Pemain Tim Pelajar U-16

Kiper: M. Rafli D. (Banten), Mahardika S. Sanaji (Jatim)

Belakang: Ilham Akbar Prasetyo (Jatim), Akbar Bagus Prasetyo (Sumut), Adzan Mentari, M. Syawal A (Sulsel), Cristian Yogi F (NTT), Aji Fajri, Surya Dharma (DKI), Jodi C. Geraldi (Jabar)

Tengah: Daffa Ayatulah I (NTT), M. Alif Saviola (Riau), Erza Bathara Siahaan (DKI), Dozan M. Raina Cikal (Jabar)

Depan: Nadhif G. Kosasih (DKI), Iryanto Wandik (Papua Barat), Rizky Armando (Sumsel)