Bungkam Brunei di Laga Ketiga Piala AFF U-18, Tren Kemenangan Telak Timnas Indonesia U-18 Berlanjut

Timnas Indonesia U-18 meneruskan tren kemenangan telak di Piala AFF U-18 2019 usai menang 6-1 atas Brunei Darussalam di laga ketiga Grup A yang digelar di Go Dau Stadium, Sabtu (10/8/2019) sore. Tim asuhan Fakhri Husaini itu pun tetap kukuh di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 2019.

Tim Garuda Muda membuka keunggulan pada menit ketujuh lewat gol yang dicetak Bagus Kahfi. Memanfaatkan umpan terobosan lambung dari Rendy Juliansyah, Bagus Kahfi mengontrol bola dan melihat situasi saat berhadapan dengan kiper Brunei. Bagus Kahfi pun melepaskan tembakan chip yang melewati atas tubuh sang penjaga gawang dan membawa Timnas Indonesia U-18 unggul 1-0.

Keunggulan Timnas Indonesia U-18 bertambah menjadi 2-0 pada menit ke-10. Rendy Juliansyah mencetak gol kedua tim Garuda Muda lewat titik putih.

Timnas Indonesia U-18 terus menekan pertahanan Brunei Darussalam. Rendy Juliansyah dkk. mengurung 11 pemain Brunei Darussalam di dalam area pertahananya selama 20 menit pertama pertandingan.

Akhirnya Timnas Indonesia U-18 berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-24 lewat gol yang dicetak Beckham Putra Nugraha. Sebuah tembakan keras dilepaskan oleh adik dari Gian Zola itu dari luar kotak penalti dan mengarah tepat ke sudut bawah kanan gawang Brunei.

Tim asuhan Fakhri Husaini tak berhenti untuk menekan dan akhirnya mendapatkan gol keempat pada menit ke-33 lewat gol tandukan Khairul Imam Zakiri. Memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan oleh Saddam Emiruddin Gaffar, Zakiri tak mendapatkan pengawalan ketat dan menanduk bola dengan baik yang mengoyak jala gawang Brunei untuk membawa Indonesia unggul 4-0.

Tekanan demi tekanan terus dilakukan oleh Timnas Indonesia U-18 ke daerah pertahanan Brunei tanpa mengenal lelah. Akhirnya pada menit ke-43 terciptalah gol kelima yang dicetak Rendy Juliansyah.

Pemain bernomor 10 itu mendapatkan umpan dari Bagus Kahfi. Rendy pun melepaskan tembakan terukur ke sudut bawah kanan gawang Brunei dan membawa timnya unggul 5-0. Keunggulan Timnas Indonesia U-18 itu bertahan hingga babak pertama usai.

Timnas Indonesia U-18 memulai babak kedua dengan tekanan besar kepada Brunei Darussalam. Bagus Kahfi dan Rendy Juliansyah berulang kali mengancam gawang Brunei. Sayang, para pemain Tim Garuda Muda belum bisa menambah keunggulan.

Justru Brunei Darussalam berhasil melepaskan diri dari tekanan dan mencetak gol balasan pada menit ke-59. Berawal dari kelalaian lini pertahanan Timnas Indonesia U-18, Burunei mencetak gol pertama dari peluang pertama mereka lewat Mohd Hilmi Sidik dan mengubah kedudukan menjadi 1-5.

Pertahanan Brunei tak ingin kebobolan lebih banyak lagi. Sebuah peluang emas yang didapatkan Bagus Kahfi pada menit ke-69, di mana penyerang Timnas Indonesia U-18 itu sudah melewati kiper Brunei, berhasil digagalkan oleh pemain-pemain bertahan Brunei. Dua pemain bertahan mereka berusaha keras untuk menghalau bola masuk ke dalam gawang.

Namun, hal tersebut tidak berlaku pada menit ke-75. Bagus Kahfi berhasil menambah keunggulannya menjadi 6-1 pada saat itu. Bagus Kahfi maju menyambut bola umpan silang Saddam Gaffar untuk mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini atau yang keempat sejak Piala AFF U-18 2019 digelar.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada tambahan gol lagi selain masing-masing satu gol untuk kedua tim di babak kedua. Timnas Indonesia U-18 pun kukuh di puncak klasemen dengan 9 poin berkat tambahan tiga poin dari kemenangan 6-1 atas Brunei. Tim Garuda Muda hanya unggul produktivitas dan selisih gol dari Myanmar yang juga berhasil menang 1-0 atas Timor Leste.

Dalam pertandingan selanjutnya, Timnas Indonesia U-18 berkesempatan untuk memastikan tiket ke semifinal Piala AFF U-18 2019. Tim Garuda Muda akan menghadapi Laos dalam laga keempat Grup A Piala AFF U-18 2019 yang digelar di Thong Nhat Stadium, Senin (12/8/2019).

Susunan Pemain

Brunei U-18 (6-2-2): Mohammad Riyan Aiman Jali (kiper); Muhammad Khoirunnaas Khalid, Daniyal Mohd Zinin, Md Aisan Aisamuddin Abdullah Md Aiman, Maverick Lim Soon Heng, Muhammad Nazhan Zulkiflie, Mohd Salleh Emzah (bertahan); Abdul Adib Mohd Roslan, Amirul Aizad Hj Zaidi (tengah); Muhd Syafiq Safruddin Abd Sharif, Muhammad Hakeme Yazid Said (depan)

Pelatih: Stephen Ng Heng Seng

Indonesia U-18 (4-4-2): Muhammad Adisatryo (kiper); Mochamad Yudha Febrian, Muhammad Fadhil Aditya Aksah, Bayu Mohamad Fiqri, Rizky Ridho Ramadhani (belakang); Theo Fillo da Costa Numberi, Beckham Putra Nugraha, Khairul Imam Zakiri, Rendy Juliansyah (tengah); Saddam Emiruddin Gaffar, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri (depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*