Mengaku Belum Dibayar, PSBL Langsa Tagih PSSI Match Fee Piala Indonesia

Gara-gara match fee atau uang tampil di Piala Indonesia 2018/2019 yang dijanjikan PSSI belum dibayar lunas, PSBL Langsa melayangkan somasi atau tahihan pembayaran ke PSSI.

“Nominal pastinya kita tidak dikasih tahu oleh PSSI. Tapi kira-kira ratusan juta rupiah. Kami baru terima Rp 40 juta dipotong pajak. Untuk menombok, terpaksa kami menjual kebun,” ungkap Ketua Umum PSBL Said Mahdum Majid saat menerima kunjungan KPSN di Kota Langsa, Aceh, Kamis lalu.

Somasi atau surat peringatan dengan nomor 22/PSBL-LGS/V/2019 itu dilayangkan pada 24 Mei 2019. “Keterlambatan pembayaran match fee telah merugikan PSBL yang telah mendahulukan pengeluaran biaya pertandingan dan operasional klub,” kata Said dalam somasinya.

Said lalu berkisah, PSBL telah melakoni pertandingan 128 besar sebagai tuan rumah di Stadion Langsa melawan Persiraja Banda Aceh pada 31 Juli 2018. “Dari sini kami sudah terima match fee Rp 40 juta dari total Rp 100 juta, setelah dipotong pajak jumlahnya Rp 38 juta,” jelasnya.

PSBL lalu lanjut ke pertandingan 64 besar sebagai tuan rumah melawan Aceh United pada 24 Desember 2018, dan seharusnya PSBL mendapat match fee sebesar 40 persen dari total Rp 125 juta. PSBL lanjut lagi ke pertandaingan 32 besar dengan sistem home and away melawan Bhayangkara FC pada 24 Januari 2019 sebagai partai home, dan 1 Februari 2019 sebagai partai away.

“Di sini mestinya PSBL dapat 40 persendari Rp 150 juta partai home, dan 60 persen dari Rp 150 juta dari partai away,” ucap Said.

Faktanya, lanjut Said, janji itu tinggal janji. Hingga Piala Indonesia 2018/2019 memasuki puncak, yaitu PSM vs Persija di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa, match fee untuk PSBL belum dilunasi pembayarannya. PSBL juga belum menerima uang kontribusi untuk Liga 3 sebanyak Rp 75 juta. “Kami tentu akan layangkan somasi lagi,” tandasnya.

Ketua KPSN Suhendra Hadikuntono mengaku prihatin setelah menerima pengaduan dari Said Mahdum itu, dan berjanji akan mempertanyakan hal tersebut ke pihak PSSI. Sementara hingga berita ini diturunkan pihak PSSI belum bisa dikonfirmasi.*

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*