Manager Persib Nilai Komdis PSSI Cacat Prosedur

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mendapat sanksi dari PSSI karena protes kerasnya terhadap wasit saat timnya menghadapi Bali United pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2019, 26 Juli. Sesuai hasil sidang Komite Disiplin PSSI, Umuh dikenai sanksi berupa larangan masuk stadion selama tiga bulan pada kompetisi.

Umuh keberatan dengan sanksi tersebut. Pasalnya, ia mengaku tidak mendapat pemberitahuan terlebih dahulu dari Komdis PSSI terkait sanksi tersebut.

“Kalau ada orang kena denda apapun itu, pemberitahuan dulu ke perusahaan bahwa Umuh Muchtar dipanggil PSSI atau Komdis. Harus gitu, kita soal datang atau tidak itu urusan yang bersangkutan kalau memang ada kesalahan. Ini tahu-tahu ada surat dan langsung dikeluarkan sanksi, ini aturan apa dan dari mana?” ujar Umuh di Bandung pada Sabtu (3/8/2019).

Umuh menilai, alur proses penetapan sanksi yang dilakukan Komdis PSSI kerap tidak berubah dan menyalahi aturan. Terlebih, lanjut Umuh, Persib menjadi sasaran untuk mendapatkan sanksi saat Komdis menggelar sidang evaluasi usai laga.

“Dari dulu aturan ini selalu seenaknya, Persib selalu denda dan dihukum,” tegas Umuh.

Ia pun menegaskan tidak akan merespon terkait sanksi yang dikeluarkan Komdis PSSI termasuk membalas surat yang telah dikeluarkan.

“Sekarang saya harus bikin surat sanggahan apakah saya minta maaf? Tidak ada. Silahkan kalau sudah diputuskan seperti itu oleh mereka-mereka yang berkuasa,” tegas Umuh.