Menpora Sebut Hilton Moreira Belum Ajukan Permintaan Proses Naturalisasi

Pemain asal Brasil, Hilton Moreira, disebut belum mengajukan permintaan proses naturalisasinya kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Diungkapkan oleh Imam Nahrawi, bahwa Hilton haruslah produktif jika ingin dinaturalisasi sebagai Warna Negara Indonesia (WNI).

Seperti diketahui, pihak klub Sriwijaya FC dan Hilton Moreira saat ini sedang mengupayakan permohonan naturalisasi sang pemain menjadi WNI untuk bisa didaftarkan oleh Sriwijaya FC. Hilton tidak bisa didaftarkan di kompetisi yang diikuti Sriwijaya, Liga 2, jika belum berhasil melewati proses naturalisasi karena regulasi yang melarang penggunaan pemain asing.

Hilton sendiri sudah menjadi bagian dari skuat Sriwijaya FC sejak April 2019. Namun, status Hilton yang masih sebagai pemain asing membuatnya tidak didaftarkan sebagai pemain Sriwijaya FC.

Terkait proses naturalisasi Hilton, Menpora Imam Nahrawi mengaku belum menerima permintaan proses naturalisasi dari pemain asal Brasil tersebut.

“Saya belum mengenal Hilton Moreira. Jika ingin mengajukan naturalisasi ya dia (Hilton, Red) harus produktif. Kalau dia produktif ya Menpora pasti mensupport proses naturalisasinya,” kata Imam Nahrawi dilansir dari Kumparan.

Menpora menambahkan bahwa kemungkinan proses naturalisasi dari Hilton masih terkendala di bagian administrasi. Imam Nahrawi pun menyarankan agar pihak Sriwijaya dapat melapor terlebih dahulu kepadanya.

“Mungkin masih ada proses admnistrasinya yang perlu disempurnakan di Kemenkumham. Coba manajemen Sriwijaya FC segera melapor ke Menpora, bikin surat-surat apa saja yang sudah diajukan,” jelasnya.

“Untuk proses pemain naturalisasi memang butuh waktu karena melewati banyak tahap. Jadi saya tidak bisa memastikan berapa lama prosesnya,” ungkapnya.

Apabila proses naturalisasi Hilton tak berjalan dengan lancar, maka pemain asal Brasil tersebut kemungkinan harus mencari klub Liga 1 jika ingin terus bermain di Indonesia dengan status sebagai pemain asing.