17 Pemain Vamos Indonesia Berangkat ke Spanyol, Usung Target Tinggi

Vamos Indonesia akan memberangkatkan 17 pesepak bola muda ke Spanyol. Menurut Vamos, target mereka ingin menjadi bagian skuat Merah Putih di Piala Dunia 2026.

Rencananya, 17 pemain tersebut bakal terbang ke Negeri Matador pada 17 Agustus 2019.

Selama berada di Spanyol, para pemain akan ditempatkan menyebar di beberapa klub U-19 Divisi 3 yaitu Al Corcon, Palamos dan Akademi Palencia. Mereka juga bakal mendapat pelajaran formal di sekolah.

Para pemain mendapat dukungan mental dari Dewan Kehormatan PSSI, Agum Gumelar, menjelang keberangkatan ke Spanyol.

“Jadi ada keinginan kami semua, keinginan masyarakat bangsa Indonesia supaya sepak bola kita ini bisa tampil di pentas dunia. Tapi saya katakan tadi bahwa waktunya sangat singkat, 7 tahun (menuju Piala Dunia 2026). Segala sesuatu bisa kita raih kalau kita mau, kalau ada kemauan, dan karena waktu singkat 7 tahun, kemauannya harus lebih besar,” ujar Agum di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

“Mereka saya tekankan selama di sana betul-betul menimba ilmu, baik individu dan dalam tim. Saya melihat dan mengamati bahwa sepak bola di Spanyol itu mungkin paling cocok untuk para pesepak bola Indonesia. Di sana dikenal dengan tiki taka, artinya kemampuan individunya bagus, kerja samanya bagus. Jadi saya sangat mendukung kalau mereka dikirim ke Spanyol,” imbuh Agum.

Sementara itu, Fanny Riawan selaku Founder Vamos Indonesia menuturkan apa saja yang menjadi rencana ke depan. Dia berharap program tersebut menjadi pintu awal anak-anak Indonesia mengembangkan bakat dan kariernya.

“Rencana kami, maksimal 20 tahun sudah masuk Divisi Empat, usia 21-22 masuk klub Segunda B, 22-23 tahun Segunda A,” tuturnya.

“Semoga 6-7 tahun ranking Indonesia sudah di atas. Takefusa Kubo bisa, kenapa kami tidak,” imbuh Fanny.