Marko Simic Sebut Jadwal Baru Final Kedua Piala Indonesia Lebih Menguntungkan PSM

Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic menilai jadwal baru leg kedua final Piala Indonesia lebih menguntungkan PSM Makassar. PSSI selaku operator turnamen tersebut memutuskan partai PSM kontra Persija yang sempat tertunda akan digelar Selasa (6/8/2019) di Stadion Andi Matalatta, Mattoangin, Makassar.

Leg kedua final Piala Indonesia antara PSM dan Persija sedianya dihelat Minggu (28/7/2019) sore kemarin. Namun, laga tersebut urung terlaksana karena Persija menolak bertanding.

Keputusan Persija menolak bertanding karena merasa tidak mendapat jaminan keamanan. Satu hari sebelum laga digelar, tepatnya setelah Persija melakoni sesi latihan resmi di Stadion Andi Matalatta, Sabtu (27/7/2019), Ismed Sofyan dkk. mendapat perlakuan buruk dari oknum suporter.

Bus yang ditumpangi para pemain dan ofisial Persija dilempari batu oleh suporter. Insiden itu membuat beberapa pemain dan seorang ofisial Persija terluka karena terkena pecahan kaca.

PSSI kemudian memutuskan menunda laga tersebut dan akan dilakukan penjadwalan ulang. Keputusan pun didapat. Federasi memutuskan laga antara Macan Kemayoran dan Juku Eja digelar pada 6 Agustus.

Namun, rupanya pemilihan tanggal tersebut dinilai lebih menguntungkan PSM. Pasalnya, pada 3 Agustus 2019, Persija akan menjamu Arema FC di SUGBK, Jakarta. Sementara PSM dijadwalkan bertandang ke markas Bali United pada 1 Agustus 2019. Artinya, PSM memiliki waktu istirahat dua hari lebih panjang dari Persija.

“Sejujurnya, kami memiliki jadwal yang hanya berjarak tiga hari. Jika melihat aturan FIFA, minimal jarak pertandingan itu empat hari. PSM punya keuntungan karena punya waktu istirahat lebih banyak,” kata Simic.

Simic mengatakan kondisi tersebut sebetulnya bukan hal baru bagi Persija. Selama dua tahun terakhir, Persija cukup akrab dengan jadwal pertandingan yang berdekatan karena bermain di tiga ajang sekaligus, yaitu Liga 1, Piala Indonesia, dan Piala AFC.

“Tapi kami masih punya banyak pertandingan, pemain sudah capek dan sudah menjalani masa pemulihan yang berat,” ujar penyerang asal Kroasia tersebut.

Namun sebelum memikirkan laga kontra PSM, Simic mengatakan fokusnya saat ini adalah Arema FC. Simic berharap, The Jakmania bisa memenuhi stadion untuk mendukung dia dan rekan-rekannya.

“Kami ingin fans datang untuk membuat GBK penuh dan mendukung tim seperti biasanya dan dapat hasil bagus sebagai persiapan untuk final. Kami senang main lawan Arema,” kata Simic. (Bolalob)