Panggil PT LIB, BOPI Evaluasi Kompetisi

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akan melakukan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Agenda ini rencananya digelar pada awal Agustus, untuk membicarakan evaluasi Liga 1 2019, yang sudah bergulir hampir tiga bulan.

Berbagai macam kejadian mulai dari kepemimpinan wasit, hingga tindakan kurang baik dari pemain dan suporter mewarnai perhelatan Liga 1 musim ini. Maka dari itu, BOPI ingin minta penjelasan terhadap PT LIB selaku operator kompetisi.

“Banyak hal akan kita bicarakan. Mulai dari manajemen pelaksanaan pertandingan, kualitas wasit, sikap suporter dan lain-lain,” kata ketua umum BOPI Richard Sam Bera.

Richard, menyebut pihaknya telah mencatat segala kejadian di Liga 1 2019. Teraktual, kisruh laga Persela Lamongan kontra Borneo FC, yang terjadi kemarin, (29/7).

Tak hanya itu, Richard juga merasa heran dengan padatnya jadwal pertandingan di Liga 1 2019. Oleh karenanya, ia mau PT LIB menjelaskan kepada pihaknya terkait perihal tersebut.

“Beberapa catatan itu akan kami sampaikan kepada PT LIB selaku operator liga, demi evaluasi dan perbaikan pada dua pertiga sisa kompetisi musim ini,” ujarnya.

Di luar Liga 1, BOPI juga memberi catatan khusus atas ditundanya laga final leg kedua Piala Indonesia yang seharusnya berlangsung di Makassar, 28 Juli 2019. Duel puncak ini mempertemukan PSM Makassar dengan Persija Jakarta.

“Kami berharap PSSI menjelaskan situasi yang terjadi dan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan terselenggaranya final pada pertandingan tunda pekan depan,” ucapnya.