Indikasi Kecurangan Timor Leste U-15: Kapten Paulo Gali Da Costa Freitas Lakukan Pencurian Umur?

Sehari sebelum pertandingan Indonesia versus Timor Leste pada lanjutan Piala AFF U-15 2019, Rabu (31/7) esok, muncul sebuah pertanyaan yang membuat penasaran.

Timor Leste menjulang dengan merebut enam poin hasil dua kemenangan atas Filipina dan Myanmar. Masing-masing dengan kemenangan 7-1 dan 3-1. Kapten Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas melesakkan empat gol pada pertandingan pertama. Hasil riset yang dilakukan Goal, seperti yang muncul di halaman resmi Piala AFF, pemain dengan nama yang sama rupanya pernah tampil di Piala AFF 2018. Masalahnya, di laman tersebut tertulis usia Freitas 22 tahun.

Memang, pemain yang tampil di Piala AFF 2018 itu memiliki kemiripan perawakan fisik dengan kapten Timor Leste U-15 yang sukar dianggap sebagai sebuah kebetulan. Apalagi mereka terdaftar dengan nama yang sama. Ditambah lagi, hasil pencarian menunjukkan sebuah artikel laporan pertandingan di Bolasport. Di laman itu, disebutkan Freitas tampil di Piala AFF U-19 di Indonesia, tahun lalu.

Hal ini mengundang kecurigaan apakah tim dan sang pemain melakukan kecurangan?

Dalam daftar skuat Timor Leste saat menghadapi Malaysia pada babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2022, Freitas terdaftar dengan tanggal lahir 31 Desember 2004. Data ini bertentangan dengan informasi lain yang didapat dari laman Transfermarkt yang mencantumkan tanggal lahir sang pemain adalah 31 Desember 1996.

Goal telah menghubungi AFF untuk mengklarifikasi masalah ini, yang langsung dijawab bahwa otoritas sepakbola Asia Tenggara itu sedang melakukan pengusutan.

Sementara menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh AFF, persiapan tim Indonesia tetap fokus di tengah kepadatan jadwal. Garuda Muda memang mesti bersiasat dengan waktu rehat yang singkat.

Indonesia mampu mengalahkan Vietnam dan Singapura, masing-masing 2-0 dan 3-0, untuk berdiri di peringkat kedua Grup A Piala AFF U-15.