Respons Petisi Mundur, Sekjen PSSI Minta Maaf

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria merespons petisi tuntutan mundur menyusul kontroversi penundaan pertandingan leg kedua final Piala Indonesia 2019 antara PSM Makassar vs Persija Jakarta di Stadion Andi Matalatta, Minggu (28/7).

Dalam petisi berjudul ‘Tuntut Sekjen PSSI Mundur’ yang dibuat suporter bernama Bahtiar Baso, Tisha dianggap menyebar berita bohong atau hoaks dalam surat keputusan yang menyatakan kondisi Makassar tidak aman dan tidak kondusif sebagai alasan penundaan final leg kedua Piala Indonesia 2019.

Tisha mengungkapkan permintaan maaf jika ada suporter yang kecewa dengan keputusan PSSI yang menunda final leg kedua.

“Mohon diklarifikasi, apabila ada tutur kata salah saya mohon maaf. Tapi apapun yang terjadi, kami tetap percaya pada panpel [PSM]. Itu sebabnya pertandingan leg kedua tetap digelar di Makassar,” kata Tisha kepada CNNIndonesia.com pada Selasa (30/7).

Lebih lanjut Tisha mengatakan PSSI terpaksa menunda laga final. Keputusan itu diambil untuk melindungi semua pihak yang terlibat dalam final leg kedua Piala Indonesia 2019.

“Keselamatan dan SOP pertandingan harus ditegakkan. Ini pertandingan tidak main-main, kami laporkan semua ke AFC. Ini final yang juaranya tercatat, jadi saya memahami [kemarahan suporter] hal tersebut,” ujar Tisha.

Terakhir Tisha membantah sebagai pihak yang mengambil keputusan penundaan final leg kedua. Tisha mengaku hanya memberikan tanda tangan dalam surat keputusan yang dibuat PSSI.

“Saya pasti menandatangani seluruh surat dari badan [PSSI] apapun itu yang memutuskan, pasti saya harus melindungi PSSI. Kami tidak ingin ada laporan khusus dari match commissioner yang kemudian akan dilaporkan ke AFC. Kami terima kritik dan saran,” ujar Tisha.

“[Suporter] marah, tapi toh kita akan bermain lagi. Dan yang paling penting, kami tetap percaya kepada PSM Makassar. Kami lihat ada Piala Indonesia di sana berdampak positif kepada sepak bola Makassar,” sambung Tisha.

Hingga pukul 11.40 WIB, sudah ada 13.964 orang yang mendukung petisi Tisha mundur dari posisi Sekjen PSSI. (map/har)