Gavin Kwan Adsit, Makin Dekat Menjadi Sosok Gareth Bale Timnas Indonesia

Gavin Kwan Adsit semakin menunjukkan ketajamannya sebagai penyerang usai pertandingan Liga 1 2019 antara PSS Sleman vs Barito Putera, Sabtu (27/07/19) sore.

Dalam pertandingan PSS Sleman vs Barito Putera yang dimainkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Gavin Kwan mencetak dua gol sekaligus atau brace ke gawang tuan rumah.

Dua gol Gavin Kwan tersebut membuat Barito Putera terhindar dari kekalahan kontra PSS Sleman di pekan ke-11 Liga 1 2019.

Dengan catatan tersebut, Gavin Kwan pun dikenal makin tajam di Liga 1 2019 bersama Barito Putera dan dirinya makin mirip dengan Gareth Bale, bintang Timnas Wales.

Meski Bale saat ini sedang tidak diinginkan oleh Real Madrid, tapi kualitas eks penyerang Tottenham Hotspur itu tak bisa diragukan lagi.

Yang kita kenal dari Gareth Bale tentu saja kecepatan dan postur tubuhnya yang kokoh sehingga dirinya cukup ditakuti oleh para pemain bertahan lawan.

Menarik, untuk dibahas apa yang menjadi Gavin Kwan makin dekat menjadi sosok Gareth Bale untuk Timnas Indonesia. Berikut ulasan dari INDOSPORT.

Karier Gareth Bale, Bermain di Banyak Posisi

Sepanjang karier profesional, Bale juga memiliki catatan yang sangat mengejutkan lengkap dengan kemampuannya bermain di berbagai posisi di atas lapangan hijau.

Dari 479 yang telah dimainkan Bale sepanjang kariernya, sebanyak 163 gol telah dia cetak bersama berbagai tim, yang tentunya juga berbagai posisi juga.

Dilansir dari Transfermarkt, Bale bisa dimainkan sebanyak 7 posisi di atas lapangan. Yaitu penyerang sayap kanan dan kiri, gelandang kanan dan kiri, bek kiri, second striker dan juga penyerang tengah.

Baca Juga Rekap Rumor Transfer Hari ini: Bale Selangkah Lagi Gabung Klub China, AC Milan Jual Bintangnya
Masih dari situs penyedia data tersebut, Bale telah mencetak 71 gol dan 51 assist dari 159 penampilan sebagai penyerang sayap kanan.

Sementara di lini tengah, Bale telah mencetak 45 gol dan 39 assist dari 126 penampilan sebagai gelandang kiri, sementara gelandang kanan, dia mencetak satu gol dari satu pertandingan.

Seemntara sebagai penyerang tengah, dia telah diturunkan sebanyak 33 kali dengan total mencetak 12 gol dan tujuh assist. Begitu juga second striker, dia tetap tajam dengan torehan 8 gol dan 11 assist dari total 16 penampilan.

Gavin Kwan Seperti Mengikuti Jejak Bale

Bale yang mengawali kariernya sebagai bek kiri bersama Southampton FC, mulai dicoba bermain lebih ke depan saat gabung Tottenham Hotspur.

Sedikit berbeda dengan Gavin Kwan, yang memulai kariernya sebagai salah satu bek kanan masa depan yang dimiliki Timnas Indonesia beberapa tahun silam.

Tapi menurut Transfermarkt, Gavin Kwan juga sudah mencoba berbagai posisi di atas lapangan. Hampir sama seperti Bale, dia pernah dimainkan sebagai penyerang sayap kiri dan kanan hingga sebagai striker.

Sejauh ini, Gavin Kwan telah memainkan 50 pertandingan resmi Liga Indonesia, dengan menorehkan sebanyak 9 gol, yang tentunya dengan berbagai posisi juga.

Tak perlu meneliti jauh ke belakang, kita lihat saja Piala Presiden 2019 lalu. Gavin bermain dua pertandingan sebagai striker dan mampu mencetak tiga gol di babak grup.

Mulai nyaman dengan posisi penyerang, Gavin pun semakin jarang kita lihat di barisan pertahanan saat Liga 1 2019 bergulir. Hanya saat pertandingan Liga 1 2019 pekan ke-5, antara Barito Putera vs Kalteng Putra, dia dimainkan sebagai bek kanan. Itu pun berakhir dengan kekalahan.

Pada pertandingan selanjutnya menghadapi PSIS Semarang, Gavin mulai dipaksa maju menjadi penyerang sayap kanan. Sayang sekali, dia belum bisa mencetak gol di laga tersebut.

Pada pertandingan selanjutnya, Gavin Kwan dimainkan sebagai pemain pengganti saat Barito Putera menahan imbang Persebaya Surabaya dengan skor 2-2. Dia masuk pada menit 62, menggantikan Samsul Arif yang saat itu bermain sebagai striker.

Belum mencetak gol, Gavin Kwan kembali bermain sebagai pemain pengganti di laga selanjutnya menghadapi Bali United. Dia lagi-lagi menggantikan Samsul Arif yang berperan sebagai striker dalam formasi dua penyerang, namun belum juga mengoyak gawang lawan.

Hingga akhirnya gol pertamanya di Liga 1 2019 tercipta saat Barito Putera takluk 4-3 di markas Borneo FC. Gavin masuk menggantikan Samsul Arif menit 46, dan mencetak gol pertamanya di Liga 1 musim ini dengan posisi sebagai striker.

Gavin Kwan kembali dimainkan sebagai pemain pengganti dalam laga menghadapi Persela Lamongan pada pekan ke-10 Liga 1 2019. Dia lagi-lagi diposisikan sebagai striker, menggantikan Paulo Sitanggang.

Hingga pada akhirnya pertandingan tadi sore antara PSS Sleman vs Barito Putera. Gavin Kwan bermain sebagai starter sejak menit pertama, dan berhasil moncer sebagai striker.

Gavin berhasil mencetak brace atau dua gol sekaligus ke gawang PSS Sleman sekaligus menghindarkan Barito dari kekalahan di pekan ke-11 Liga 1 2019.

Kini torehan gol Gavin berjumlah 3 gol, di mana semuanya dia bermain di posisi striker. Semoga saja, catatan Gavin Kwan makin membaik dan dia benar-benar bisa membuktikan kualitasnya menjadi bintang masa depan Timnas Indonesia.

Seperti Gareth Bale untuk Timnas Wales, semoga Gavin Kwan bisa mengasah kemampuan dan ketajamannya di depan gawang lawan, sembari membantu Barito Putera keluar dari zona degradasi Liga 1 2019.