Dua Tim Indonesia Akan Ikuti Final Danone Nations Cup Global di Barcelona

Sebanyak 16 tim mengikuti putaran final Danone Nations Cup di Stadion Brodjonegoro Soemantri, Jakarta, 27-28 Juli 2019. Pemenang putaran final akan mewakili Indonesia di Final Danone Nations Cup Dunia, di Barcelona, pada 12 Oktober 2019.

Putaran final Danone Nations Cup 2019 global bertepatan dengan perayaan seratus tahun Danone. Untuk merayakan momen tersebut, Indonesia mendapatkan dua tiket untuk berangkat ke putaran final global. Satu tiket untuk juara 2019, dan satu tiket lagi untuk tim juara 2018, yaitu ASIOP. Dua wakil Indonesia dijadwalkan tiba di Barcelona pada 9 Oktober 2019. Adapun laga final akan berlangsung pada 12 Oktober 2019.

Sejak pertama kali diselenggarakan, Aqua-Danone Nations Cup terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan sepak bola tanah air dan telah terbukti menjadi batu loncatan untuk meniti karier sepak bola anak-anak seluruh Indonesia. Saat ini, sekitar 50 persen pemain Tim Nasional Indonesia terdiri dari alumni Aqua-Danone Nations Cup, salah satunya adalah Andik Vermansah yang kini menjadi national ambassador Aqua-Danone Nations Cup. Prestasi dan sepak terjang Andik merupakan inspirasi bagi anak-anak Indonesia yang memiliki mimpi di dunia sepak bola.

Peran Aqua-Danone Nations Cup dirasakan pula oleh Fadilah Nur Rahman, pemain bertahan Tim Nasional Indonesia U-16 yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam Piala AFF U-16 2018.

“Saya memulai karier sepak bola dengan mengikuti Aqua-Danone Nations Cup tahun 2013. Waktu itu saya berumur 12 tahun. Awalnya, saya tidak tahu bahwa saya dapat menjadi seorang pemain bola profesional. Aqua-Danone Nations Cup membuka jalan bagi saya, sehingga saya mendapatkan pengalaman, keterampilan, dan kepercayaan diri hingga saya dapat berlaga mewakili Indonesia,” papar Fadilah pada konferensi persi pembukaan Final Nasional Aqua-Danone Nations Cup, di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Selain memberikan pembekalan keterampilan bermain sepak bola, Danone-Aqua juga memastikan semua anak-anak mendapatkan hidrasi terbaik untuk mendukung performa mereka. Danone-Aqua menjamin hidrasi terbaik yang diberikan membawa kebaikan dari alam karena mengandung mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk bagi anak-anak yang aktif. Menurut anjuran Kementerian Kesehatan dalam angka kecukupan gizi tahun 2013, anak-anak usia 4-12 tahun membutuhkan 1,2-1,5 liter atau sekitar 5-6 gelas setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan hidrasi, serta meningkatkan konsentrasi mereka.

“Selama lebih dari 45 tahun, Danone-Aqua telah menyediakan hidrasi sehat untuk keluarga Indonesia. Untuk itu, kami menerapkan prinsip Pilih Jaga Rawat di semua sumber air kami untuk memastikan kualitas air dan kandungan mineral alami di dalamnya tetap terjaga. Melalui Aqua-Danone Nations Cup, kami mendorong gaya hidup sehat dengan berolahraga, pemenuhan hidrasi sehat, serta pentingnya menjaga kesehatan lingkungan. Komitmen untuk Indonesia yang lebih sehat ini sejalan dengan visi Danone yaitu One Planet One Health, di mana kami percaya kesehatan ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat,” ujar Marketing Manager Danone-Aqua Jeffri Ricardo.

Selain manfaat secara fisik, sepak bola juga bermanfaat kepada tumbuh kembang mental anak. Menurut psikolog Anak Roslina Verauli, sepak bola membantu anak-anak belajar bersosialisasi, kerja sama, dan mengembangkan mental dalam menghadapi tantangan.

“Sepak bola dapat mengajarkan anak rendah hati ketika menang dan lapang dada ketika kalah. Tentunya anak-anak juga membutuhkan arahan dan dukungan dari orang tua mereka dalam proses tersebut. Selain itu, kerja sama tim dalam permainan sepak bola akan membuat anak-anak lebih terampil bersosialisasi dan gigih dalam menghadapi tantangan. Manfaat ini tentunya tetap hadir ketika anak keluar lapangan dan masuk kelas, misalnya,” ujar Verauli.