AQUA Danone Nations Cup Memasuki Babak Final Nasional, Pemenang Berpeluang Bertanding di Barcelona

Danone kembali menggelar AQUA Danone Nations Cup (AQUADNC). Kali ini, turnamen U-12 itu akan mempertandingkan babak putaran final nasional.

Sebanyak 16 tim akan berlaga. Nantinya, ke-16 tim tersebut berpeluang untuk lolos ke Final Piala Dunia Danone Nations Cup di Barcelona, Spanyol, pada Oktober 2019.

Turnamen edisi ke-16 ini telah dimulai sejak Maret 2019 lalu. Hampir 5000 tim berpartisipasi sebelum mengerucut menjadi 16 tim.

AQUADNC kerap melahirkan pesepak bola nasional. Satu di antaranya adalah Andik Vermansah, pemain Madura United, yang juga menjadi national ambassador AQUADNC.

Alumni AQUADNC lainnya ialah Fadillah Nur Rahman. Eks pemain Timnas Indonesia U-16 era Fakhri Husaini ini menceritakan bagaimana AQUADNC berperan penting dalam kariernya.

“Saya memulai karir sepak bola dengan mengikuti AQUADNC pada 2013. Waktu itu saya berumur 12 tahun. Awalnya, saya tidak tahu bahwa saya dapat menjadi seorang pemain swpak bola profesional. AQUADNC membuka jalan bagi saya, sehingga saya mendapatkan pengalaman, keterampilan, dan kepercayaan diri hingga saya dapat berlaga mewakili Indonesia,” ujar Fadillah pada konferensi pers di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Sabtu (27/7).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi turut hadir dalam konferensi pers AQUADNC. Pria asal Bangkalan, Madura ini mengatakan bahwa budaya berolahraga tidak dapat tumbuh secara instan, tapi harus melalui proses berjenjang dan berkesinambungan.

“Kami sangat mengapresiasi Danone-AQUA yang selama 15 tahun terakhir telah mengadakan AQUADNC sebagai wadah pembinaan dan pengembangan usia dini untuk talentatalenta muda pesepakbola Indonesia dalam menunjukkan dan mengembangkan bakatnya bahkan hingga ke taraf internasional,” tutur Imam.

“Indonesia memiliki potensi yang sangat baik dalam ranah sepak bola, penyelenggaraan AQUADNC secara berkala ini sejalan dengan agenda kami dalam mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola lndonesia,” imbuhnya.