Tegar Infantrie, Anggota TNI Yang Bidik Tempat di Timnas U-23

Bulan Maret 2019 lalu PSIS Semarang resmi memberikan kontrak jangka panjang dengan durasi empat tahun kepada Tegar Infantrie Soekamto.

Namanya jelas memiliki unsur militer, ya benar saja Tegar merupakan seorang anggota aktif TNI. Dirinya berstatus sebagai Marsekal Pertama (Marsma) TNI AU.

Tegar adalah jebolan dari PPLP Jateng dan sudah berada di PSIS sejak tahun 2017 adalah seorang bek tengah dan bisa juga tampil sebagai gelandang bertahan. Dirinya ikut membantu Mahesa Jenar promosi dari Liga 2 pada musim itu.

Pemain kelahiran Semarang, 8 Mei 1999 tersebut setelah tampil memuaskan di ajang Piala Presiden 2019 dan terus menjadi opsi di lini tengah PSIS musim ini di kancah Liga 1.

Baca Juga :
Indra Sjafri Buka Peluang Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas SEA Games 2019
Eks Pefutsal Profesional Merasa Bermimpi Bisa Dilatih Indra Sjafri
Performa Pemain Baru Timnas U-23 Bikin Indra Sjafri Terkejut, Siapa Saja Mereka?

Pelatih PSIS, Jafri Sastra menyebut Tegar semakin berkembang di setiap pertandingan sehingga panggilan dari Timnas Indonesia U-23 layak untuk didapat pada dirinya. Musim ini Tegar sudah tampil delapan kali di kompetisi Liga 1.

“Sangat positif Tegar Infantrie mendapat pemanggilan ke timnas. Dia punya potensi besar. Mudah-mudahan membuat pemain lain termotivasi untuk bisa mengikuti jejaknya,” ujar Jafri Sastra, dikutip dari laman Bola.com.

“Saya menitip pesan untuk Tegar agar menunjukkan apa yang didapat di PSIS dari setiap latihan dan pertandingan. Dengan posisinya sebagai pemain tengah, yang dilakukannya adalah membuat keputusan cepat, baik saat membawa atau tidak membawa bola,” tutur Jafri Sastra.

Jika dibanding dengan dua pelatih sebelumnya, yakni Subangkit dan Vincenzo Alberto Annese, Fantrie kurang mendapat kepercayaan dari dua pelatih tersebut.

Nama Tegar ada dalam pemanggilan terkini Timnas U-23 dibawa arahan Indra Sjafri, dimana mereka bersiap untuk tampil di ajang SEA Games 2019 di Manila. Indra Sjafri ingin terus mencari wajah baru untuk memperkaya opsi dirinya dalam menentukan para pemain terbaik di ajang SEA Games.

“Coach Indra buat saya makin termotivasi. Karena kan coach Indra punya nama besar, pernah membawa timnas juara Piala AFF U-22, terus pernah juga juara pas Piala AFF U-19 ketika zamannya Evan Dimas dan kawan-kawan,” ucap Tegar usai mengikuti sesi latihan Timnas U-22 di Lapangan Madya, Senayan.

“Memang menu latihannya berat, tapi ini bagus buat saya ke depannya. Saya juga belajar dari para pemain yang sudah lama bermain di timnas, seperti mas Bagas (Adi Nugroho), jadi dapat banyak pengalaman di sini,” jelasnya.

Target medali emas SEA Games untuk Timnas U-23 dinilai Tegar cukup memungkinkan diraih oleh skuat Garuda muda.

“Saya rasa kami bisa mewujudkan itu. Mudah-mudahan saya bisa lebih maju dan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Tegar sendiri pernah menjalani seleksi Timnas Indonesia U-19 pada tahun 2017 lalu di Sidoarjo, juga dibawa arahan pelatih Indra Sjafri.