Barito Putera Belum Juga Konsisten, Yunan Helmi Minta Pemain Evaluasi Diri

Barito Putera gagal kembali ke jalur kemenangan setelah bermain imbang 0-0 melawan Persela Lamongan pada laga pekan ke-10 Shopee Liga 1 2019, Senin (22/7/2019). Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi, meminta anak asuhnya untuk melakukan evaluasi.

Tambahan satu poin dari laga itu tidak membuat posisi Barito Putera berubah. Laskar Antasari masih berada di zona merah, tepatnya urutan ke-16 dengan koleksi delapan poin dari 10 laga yang sudah dimainkan.

Satu hari setelah laga tersebut, Yunan Helmi langsung mengumpulkan anak asuhnya untuk kembali berlatih. Pemain yang baru bermain mendapatkan fokus pemulihan, sedangkan yang jadi cadangan dalam laga menjamu Persela, mendapatkan menu latihan transisi dan organisasi pertahanan.

“Saya rasa pemain akan mengevaluasi dirinya sendiri. Mereka harus bersikap lebih dewasa atas hasil pertandingan ini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pelajaran agar kami bisa berbenah menatap laga selanjutnya,” kata Yunan Helmi seperti dikutip situs resmi klub.

Yunan Helmi menambahkan, sejatinya tim asuhannya bisa memetik kemenangan dalam laga melawan Persela. Namun, pemainnya terkesan terlalu terburu-buru dalam membongkar lini pertahanan Persela yang rapat.

“Menghadapi lini pertahanan yang rapat, harusnya kami bisa lebih sabar. Aliran bola juga cepat bergulir. Semoga ini jadi pelajaran berharga buat kami, bukan hanya pemain melainkan juga tim pelatih di Barito Putera,” ujar eks asisten Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-23 itu.

Barito Putera harus segera bangkit dari keterpurukan. Klub kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan itu terhitung akan menghadapi beberapa laga berat dalam pekan-pekan selanjutnya.

Ujian pertama hadir dari PSS Sleman dalam laga tandang (27/7/2019). Kemudian, Barito Putera akan menjamu Persib Bandung (3/8/2019) dan Tira Persikabo (7/8/2019).

Setelah itu, Barito Putera akan bertandang ke markas PSM Makassar (14/8/2019) dan Arema FC (19/8/2019). Lalu mereka akan menjamu Persipura Jayapura di kandang pada 24 Agustus 2019.