Komentar Otavio Dutra Setelah Resmi Menjadi WNI

Stoper Persebaya Surabaya, Otavio Dutra telah resmi bepindah kewarganegaraan dari Brasil menjadi warga negara Indonesia. Dia resmi mendapat paspor Indonesia lewat pengumuman oleh Persebaya setelah dirinya bertemu dengan Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto, Rabu (24/7/2019).

Momen ini menjadi kabar gembira untuk dua pihak sekaligus, yaitu Timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya. Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memasukkan Dutra sebagai pemain yang bakal menjadi andalannya di lini belakang.

Di sisi lain, Persebaya membutuhkan status Dutra sebagai pemain lokal untuk mendaftarkan David da Silva sebagai pemain baru. Setelah proses sejak Februari 2019 atau sekitar lima bulan, Dutra lega akhirnya menjadi WNI.

“Saya sangat senang dan bangga sudah sumpah (menjadi WNI). Ini memang mimpi saya dan keluarga. saya ucapkan terima kasih banyak kepada Tuhan, Bapak Presiden Joko Widodo, Bapak Menpora Imam Nahrawi, dan Bapak Gatot,” kata Dutra kepada Bola.com, Kamis (25/7/2019).

“Tidak lupa juga terima kasih untuk Bapak Presiden Persebaya Azrul Ananda, kepada PSSI, Coach Simon, dan seluruh pihak dari dari DPR-RI. Terima kasih banyak kepada semuanya teman-teman yang selalu mendukungsaya dan berdoa untuk dan keluarga,” imbuh Dutra.

Otavio Dutra terhitung sebagai pemain asing yang sudah lama berkarier di Indonesia. Dia memulainya pada 2010 dengan bergabung Persebaya 1927. Saat itu, kompetisi Indonesia tengah diterpa dualisme.

Sejak sembilan tahun lalu, dia tidak pernah pergi dan berkarier di luar Indonesia. Berbagai klub tercatat sudah dibelanya setelah Persebaya 1927, di antaranya adalah Gresik United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, hingga kini kembali ke Persebaya.

Bahkan, dua kali dia meraih gelar kompetisi kasta tertinggi bersama dua klub yang berbeda, yaitu Persipura (ISL 2013) dan Bhayangkara FC (Liga 1 2017). Rentetan panjang karier di Indonesia itu sangat mendukungnya untuk menjadi WNI.