Witan akan Berlatih di Klub Eropa, Bulan Depan

Pemain tim nasional Indonesia U-23 Witan Sulaeman mengatakan akan berangkat ke Eropa untuk menemui pihak klub yang merekrutnya. Witan akan pergi pada Agustus 2019, masa musim baru dimulai di Eropa.

“Insya Allah perginya bulan Agustus,” ujar Witan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (22/7).

Meski demikian, pesepak bola jebolan SKO Ragunan tersebut masih enggan menyebutkan nama klub yang ditujunya. Yang jelas, kata Witan, dia tidak langsung dikontrak resmi karena belum berusia 18 tahun.

“Kontraknya belum, tetapi saya langsung mengikuti latihan,” tutur pemain berumur 17 tahun itu.

Witan yang lahir di Palu, Sulawesi Tengah juga belum dapat memastikan apakah dia akan kembali untuk mengikuti SEA Games 2019, yang dimulai Desember 2019, atau tidak. Menurut dia, itu semua diatur oleh agennya.

Mengingat jadwal keberangkatannya ke Eropa yang hanya sekitar sebulan lagi, Witan pun sudah mempersiapkan diri agar tidak sulit beradaptasi dengan situasi di Benua Biru. Dia memperkuat aspek-aspek nonteknis seperti mental dan stamina. Selain itu dia juga mengasah kemampuan teknik dan taktik sepak bolanya.

“Semua harus siap karena pemain-pemain di sana bagus-bagus. Kalau soal Bahasa Inggris, ya, little-little,” kata pesepak bola yang turut membantu Indonesia juara Piala AFF U-22 2019 itu.

Witan saat ini sedang mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U-23 di Jakarta pada 21-31 Juli 2019. Ini merupakan persiapan menuju SEA Games 2019.