Fakhri Husaini Mengejar Puncak Performa saat Bertarung di Vietnam

Timnas Indonesia U-19 telah mengakhiri kegiatan tur Jawa Timur pada Senin (22/7). Tim asuhan Fakhri Husaini itu sukses menyapu bersih tiga laga uji coba menghadapi tim Liga 3 2019, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Pertanyaannya, apakah performa puncak pemain akan muncul saat Piala AFF U-18 2019, Agustus nanti?

Fakhri menilai, kebugaran dan kolektivitas tim asuhannya semakin meyakinkan. Sistem pertahanan dan daya dobrak lini depan pun mengalami peningkatan. Itu tergambar dari hasil pertandigan dari laga pertama, kedua, dan ketiga. Evaluasi dari tiga laga uji coba di Cikarang, pun sudah bisa diperbaiki.

Dalam laga melawan Persibo Bojonegoro, Kamis (18/7), Indonesia U-19 menang dengan skor 2-1. Selanjutnya mereka sukses menaklukkan Deltras Sidoarjo dengan skor 1-0, Sabtu (20/7). Sedangkan laga terakhir melawan Persekabpas Pasuruan, berakhir dengan skor 4-4-0 pada Senin (22/7) sore kemarin.
Empat gol dalam laga terakhir dilesakkan Sutan Diego Zigo dengan dua gol, dan dua gol lainnya disumbang Rendy Juliansyah dan Mochamad Supriadi. Adapun tiga laga sebelumnya, unggul 1-0 atas Barito Putera U-20, takluk 0-1 dari Bhayangkara FC U-20, dan unggul 4-1 atas Persija U-20.

Rencananya, Garuda Muda akan bertolak ke Vietnam untuk Piala AFF U-18 2109 pada 4 Agustus 2019 mendatang. Artinya, masih ada waktu sekitar dua pekan untuk melakukan persiapan tahap akhir. Namun, pematangan tahap akhir, pemain diberi jatah libur selama dua hari, yakni 23 dan 24 Juli.

Pemain akan kembali menjalani pemusatan latihan pada 25 Juli di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. “Ada beberapa hal yang menjadi catatan kami, dari uji coba di Jawa Timur. Pertama, melawan Persibo, lawan punya empat peluang, yang semua itu akibat kesalahan yang kami buat sendiri. Ini tidak boleh terjadi,” kata Fakhri.

“Kemudian, untuk aspek menyerang, peluang yang kami buat saat melawan Deltras banyak, tetapi hanya satu yang menjadi gol. Ini juga menjadi catatan penting untuk kami perbaiki selama delapan hari ini sebelum berangkat ke Vietnam,” eks pemain dan pelatih PKT Bontang itu menjelaskan.

Dalam Piala AFF U-18 2019, Indonesia tergabung di Grup A bersama Myanmar, Laos, Filipina, Timor Leste, dan Burnei Darussalam. Laga pertama akan berlangsung pada 5 Agustus dengan melawan Filipina. Dalam ajang ini, Fakhri berharap bisa merengkuh gelar juara, melanjutkan pencapaiannya dalam Piala AFF U-116 2018.*