Persiraja Resmi Dukung Iwan Bule sebagai Calon Ketua Umum PSSI

Persiraja Banda Aceh resmi memberikan dukungan kepada Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol), Mochamad Iriawan, sebagai calon Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Periode 2020-2024.

Dukungan itu terlihat dengan hadirnya manajemen Persiraja dalam acara bertajuk Ngobrol Bareng Bang Iwan Bule dengan votters PSSI, dan sejumlah klub baik Liga 1, Liga 2 dan Liga 3, yang berlangsung di Hotel Century Park, Jumat (19/7/2019) malam.

Dua perwakilan Persiraja yang hadir dalam pertemuan itu yakni Fauzul Husni dan Fitri Rayadi ST.

Adapun Asprov PSSI yang hadir yakni DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Asprov PSSI Lampung.

Kemudian perwakilan klub yakni Persija Jakarta, Perserang Serang, Persita Tangerang, Cilegon United, Persiraja Banda Aceh, Semen Padang, Solok FC, PSPS Riau, PSMS Medan, Babel United, dan Perseru Badak Lampung FC.

Secara terpisah, Presiden Persiraja Nazaruddin Dek Gam mengungkapkan, alasan memberikan dukungan kepada Komjen Pol Mochamad Iriawan yang sering disapa Iwan Bule, sebagai calon Ketua PSSI, karena visi misinya yang benar-benar ingin memajukan sepak bola dari tingkat nasional hingga ke daerah.

Nazaruddin yang akrab disapa Dek Gam mengatakan, kehadiran Persiraja dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan Persiraja terhadap Iwan Bule.

Selain itu, kata Dek Gam, kalau jenderal bintang tiga itu sudah menghubunginya langsung dan berdiskusi yang panjang terkait komitmennya dalam memajukan sepak bola Indonesia.

“Saya sudah sampaikan langsung, kalau Persiraja mendukung Mochamad Iriawan sebagai calon Ketua PSSI,” kata Dek Gam.

Dek Gam mengungkapkan kalau Iwan Bule –sapaan Mochamad Iriawan– berjanji akan memberikan subsidi lebih besar kepada klub-klub baik Liga 1, Liga 2 dan Liga 3, apabila terpilih sebagai Ketua PSSI.

Untuk Liga 1, kata Dek Gam, Iwan Bule akan memberikan subsidi sebesar Rp 15 miliar, kemudian Liga 2 sebesar Rp 5 miliar, dan Liga 3 sebesar Rp 3 miliar.

“Kita butuh Ketua Umum PSSI yang seperti ini, berani mensubsidikan uang lebih kepada klub, dan membantu klub. Selama ini subsidi yang diberikan untuk klub Liga 2 hanya Rp 1 miliar, untuk tiket perjalanan tandang saja kami tidak cukup,” ujar Dek Gam, anggota DPR-RI terpilih dari Partai PAN ini.

Selama ini, kata Dek Gam, pihaknya selalu mengajukan permintaan kepada panitia Liga 2 agar besaran subsidi bagi klub-klub Liga 2 tidak disamaratakan. Pasalnya, Persiraja berada di daerah paling ujunga Pulau Sumatera, sehingga setiap melakukan laga tandang harus berangkat menggunakan pesawat udara.

“Kalau klub-klub di Pulau Jawa, hanya dengan menggunakan bus saja sudah sampai, kalau Persiraja Tidak mungkin, paling-paling ke Medan Sumatera Utara saja, kami bisa naik bus, itu pun butuh perjalanan satu malam, tapi permintaan kami agar diberikan subsidi lebih banyak juga tidak dihiraukan oleh panitia Liga 2,” ungkap Dek Gam yang maju dan terpilih menjadi anggota DPR-RI dari Dapil-1 Aceh ini.

Selama ini, tambah Dek Gam, Persiraja juga sulit mencari sponsor, namun demi menjaga marwah sepakbola Aceh, apapun dirinya pertaruhkan walaupun menguras uang pribadi yang sangat besar nominalnya.

“Kami butuh dukungan dari PSSI, melihat komitmen bang Iwan Bule terkait subsidi kepada klub, makanya kami memberikan dukungan kepada Bang Iwan,” tegasnya.

Dek Gam yang merupakan pengusaha muda itu, mengaku sangat mendukung ide Iwan Bule yang akan membangun kerja sama dengan maskapai penerbangan agar diberi harga tiket murah kepada klub-klub yang akan melakoni laga tandang.

“Ide ini sangat bagus, dan saya sangat mendukung ide-ide seperti ini, karena kalu program ini direalisasikan sangat membantu keuangan klub,” ujarnya.(*)