Hasil Pertandingan Liga 2 2019 Persatu Tuban vs PSIM Yogyakarta: Debut Manis Aji Santoso

Kompetisi Liga 2 2019 antara Persatu Tuban vs PSIM Yogyakarta berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan tim tamu. Bermain di Stadion Bumi Wali, Tuban, Sabtu (20/07/19) sore, Laskar Mataram sukses meraih tiga poin di laga perdana bersama pelatih anyar Aji Santoso.

Sebagaimana diketahui sebelumnya Vladimir Vujovic memutuskan untuk mundur dari kursi kepelatihan setelah gagal mencapai target memuaskan di sejumlah laga awal PSIM Yogyakarta. Kemenangan atas PSBS Biak pada Minggu (14/07/19) lalu menjadi laga terakhir Vlado.

Kini setelah PSIM menggandeng Aji Santoso, prestasi klub perlahan menanjak dan duduk di peringkat ketiga klasemen sementara grup Timur, dengan tambahan tiga poin dari Tuban.

Memang jika melihat jalannya pertandingan hari ini, penggawa PSIM lebih mendominasi dibanding tuan rumah. Striker kawakan Cristian Gonzales hampir saja membobol gawang lawan di menit kedelapan, meski tandukannya masih melambung di atas mistar gawang.

Namun gol pertama untuk PSIM justru datang dari striker Ichsan Pratama. Sepakan keras dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya berhasil mengecoh kiper Teguh Maulana. Skor sementara 0-1 untuk keunggulan PSIM.

Tertinggal satu gol, barisan penyerang Persatu Tuban mulai mencari celah untuk membombardir pertahanan Laskar Mataram. Namun kiper Putu Pager masih sigap mengamankan gawangnya. Bek muda Achmad Hisyam Tolle juga bermain gemilang untuk PSIM.

Kemudian pada menit ke-32, Gonzales kembali mendapat peluang, namun sundulannya dari tiang jauh masih mampu ditangkap oleh kiper Persatu Tuban. Striker naturalisasi itu juga beberapa kali harus terjebak offside, hingga belum mampu membuahkan gol di babak pertama.

Skor sementara 0-1 untuk keunggulan tim tamu PSIM Yogyakarta atas Persatu Tuban di babak pertama.

Memasuki babak kedua, para penggawa PSIM masih menekan pertahanan tim tuan rumah. Kemelut sempat terjadi saat PSIM gagal memanfaatkan bola dan terjadi serangan balik oleh Persatu di menit ke-50. Namun saat Putu Pager telah menangkap bola, ia kemudian ditabrak oleh salah satu pemain lawan.

Meski skuat besutan Purwanto Suwondo mulai panas dan membahayakan pertahanan PSIM selama dua puluh menit selanjutnya, namun tidak ada serangan on target dari Persatu Tuban.

Rasa penasaran Cristian Gonzales untuk menjebol gawang Persatu akhirnya terbayar di menit ke-76. El Loco sukses melesakkan gol usai memanfaatkan aliran bola ke tiang jauh yang dikawal Teguh Maulana. Skor berubah menjadi 0-2 untuk keunggulan PSIM.

Suasana di Stadion Bumi Wali semakin memanas. Tak hanya terjadi rivalitas antara pemain Persatu Tuban dan PSIM Yogyakarta, namun suporter dari kedua tim mulai melancarkan aksi hingga membuat jalannya sisa waktu babak kedua menjadi tak kondusif.

Tambahan waktu enam menit gagal dimanfaatkan tim tuan rumah untuk menyusul ketertinggalan. Skor akhir 0-2 memastikan PSIM Yogyakarta merebut tiga poin dari Persatu Tuban di laga hari ini, Sabtu (20/07/19), sekaligus menjadi debut manis Aji Santoso bersama Laskar Mataram.