Rachmat Irianto Dijamin Tampil dalam Laga PSM Vs Persebaya

Stoper Persebaya, Rachmat Irianto, muncul dalam sesi jumpa pers sebelum pertandingan melawan PSM Makassar di Sekretariat PSM, Makassar, Selasa (16/7/2019).

Persebaya menjalani laga tandang pekan kesembilan Sk Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu malam (17/7/2019).

Kehadiran pemain yang akrab disapa Rian itu dalam sesi jumpa pers itu menjadi sinyal jelas bahwa dia akan turun sebagai starter di pertandingan nanti. Apalagi, Persebaya sedang membutuhkan stoper pengganti.

Hansamu Yama mengalami cedera tulang punggung selama satu pekan belakangan. Pelatih Persebaya, Djadajng Nurdjaman, memastikan Rian akan tampil sebagai starter untuk berduet dengan Otavio Dutra.

“Ada sedikit perubahan komposisi pemain untuk menyiasati jadwal padat. Sudah pasti kami akan melakukan sejumlah rotasi. Rian di bawah dalam jumpa pers, sudah pasti akan masuk starting. Dia akan mengisi posisi center back kami,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Ini bakal menjadi kesempatan emas buat Rian. Sebab, dia sudah kehilangan tempat di tim utama Persebaya. Dalam enam laga terakhir, dia tidak masuk starting eleven. Hal itu berbeda dengan kans yang dia dapat dalam dua pekan awal Liga 1 2019, yaitu selalu tampil selama 90 menit.

Lagipula, ketentuan soal pemain yang hadir dalam jumpa pers juga telah diatur dalam Regulasi Liga 1 2019. Itu tercantum pada pasal 38 ayat 2 yang berbunyi:

“Pelatih kepala dan 1 orang pemain yang masuk dalam starting player dari masing-masing tim yang bertanding wajib hadir dan berpartisipasi dalam pre-match press conference. Media officer dari kedua klub yang bertanding harus memastikan kehadiran pelatih kepala dan pemain dalam pre-match press conference. Tidak diperbolehkan untuk menghadirkan personil lain dalam pre-match press conference.”

Ayat keempat pasal tersebut kemudian menjelaskan bahwa pelanggaran terhadap pasal 38 bisa dikenai denda senilai Rp15 juta.

Rian tidak ingin muluk-muluk dalam kesempatan yang sudah ada di depan mata. Mantan kapten Timnas Indonesia U-19 itu berusaha melupakan kekalahan 1-2 dari PSS Sleman (13/7/2019).

“Kami sudah melupakan kekalahan di Sleman setelah keluar dari Stadion Maguwoharjo. Sekarang, kami fokus untuk pertandingan melawan PSM,” ucap pemain asli Surabaya tersebut.